Manajemen ASN Baik, Kementerian ESDM Sabet Penghargaan BKN Award 2021

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 17:02 WIB
Gedung Kementerian ESDM
Foto: ESDM
Jakarta -

Kementerian ESDM mendap diganjar penghargaan pada dua kategori dalam BKN Award 2021. Pertama, penilaian kompetensi (juara I) dan kedua, perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun (Juara II) di tingkat Kementerian Tipe B.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM Muhammad Rizwi Jilanisaf Hisjam menjelaskan Badan Kepegawaian Negara selaku institusi penyelenggara menilai Kementerian ESDM memiliki kinerja yang baik dalam menjalankan program kegiatan dan memperbaiki manajemen ASN.

"Alhamdulillah kami dipercaya sebagai salah satu institusi yang terbaik. Ini jadi modal kami untuk terus meningkatkan inovasi agar pelayanan pegawai makin optimal," kata Rizwi dalam keterangan tertulis, Jumat (2/7/2021).

Diungkapkannya, dalam berbagai kesempatan Menteri ESDM Arifin Tasrif berpesan pengelolaan manajemen ASN menjadi fokus utama program di bawah kepemimpinannya sehingga mampu menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan adaptif terhadap berbagai dinamika.

"Bila tujuan ini tercapai pelayanan kepada masyarakat akan lebih optimal," ujarnya.

Rizwi berharap prestasi ini mampu menjadi pelecut sprit bagi pengelola kepegawaian unit di lingkungan Kementerian ESDM dalam memberikan pelayanan administrasi kepegawaian yang lebih baik lagi.

Sebagai informasi, BKN Award 2021 merupakan rangkaian dari acara Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian yang dibuka oleh Wakil Presiden RI KH Maruf Amin dan dihadiri secara virtual oleh perwakilan Kementerian/Lembaga dan perwakilan Pemerintahan Pusat Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Selama setahun terakhir, BKN telah memonoritong penilaian indeks implementasi norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK) manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) meliputi, penyusunan dan penetapan kebutuhan, pengadaan ASN, pengangkatan ASN, pangkat, jabatan, pola karier, pengembangan karier ASN, mutasi, penilaian kinerja, penggajian, tunjangan, dan fasilitasi, penghargaan, disiplin, cuti, kode etik, pemberhentian, jaminan pensiun dan hari tua, pensiun dan perlindungan.

Pada BKN Award 2021 terbagi dalam lims kategori, di antaranya Kategori I (Perencanaan Formasi & Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan, dan Pensiun), Kategori II (Implementasi SAPK & Pemanfaatan CAT), Kategori III (Penilaian Kompetensi), Kategori IV (Implementasi Penilaian Kinerja), dan Kategori V (Komitmen Pengawasan dan Pengendalian).

Pada BKN Award 2021 kali ini Kementerian ESDM termasuk dalam kategori tipe B yang mana pembagian tipe A, B dan C dilihat berdasarkan beban kerja dan jumlah pegawai secara keseluruhan. Ini merupakan tahun ketujuh BKN Award sejak diluncurkan pada tahun 2015 lalu. Acara ini digelar dengan tujuan untuk memacu kinerja instansi pemerintahan dalam melaksanakan delapan belas elemen penilaian indeks implemetasi NSPK manajemen ASN.

(ncm/ega)