Pemkot Mojokerto Pajang Celengan Tanah Liat, Ada Peninggalan Belanda

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 10:18 WIB
Pemkot Mojokerto pajang celengan tanah liat dalam rangka memperingati HUT Bank Indonesia.
Foto: dok. Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Dalam rangka memperingati Hari Bank Indonesia yang jatuh pada tanggal 5 Juli mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto memasang puluhan celengan antik koleksi Gubug Wayang di Koridor Rumah Rakyat, Jalan Hayam Wuruk 50, Kelurahan/Kecamatan Magersari. Celengan tembikar berbahan dasar tanah liat tersebut dipajang di kaca etalase yang berjajar di koridor rumah rakyat, pada Kamis (1/7).

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan pihaknya tak pernah ketinggalan untuk memperingati hari-hari besar nasional sebagai wujud rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air.

"Beberapa hari lagi kan ada peringatan Hari Bank Indonesia, kita ikut memeriahkannya dengan memasang celengan antik peninggalan cagar budaya. Dengan tema celengan ini kita ingin mengajak dan mengingatkan kembali masyarakat Kota Mojokerto tentang pentingnya menabung," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (2/7/2021).

Adapun bentuk dan jenis celengan yang dipajang beraneka ragam, di antaranya celengan tokoh Bagong yang diberi nama Van Dorp's peninggalan Nedherlandsch Indische yang dibuat tahun 1926. Ada pula celengan berbentuk miniatur hewan gajah, babi dan ayam jago yang usianya sudah mencapai puluhan tahun.

Selain itu, terdapat juga buku tabungan kuno dari PT Bank Tabungan N.I.S.P era kolonial, buku tabungan Bank Tabungan Pos Tjabang Makasar dan buku tabungan kuno dari PT Pos Indonesia.

Wanita yang akrab disapa Ning Ita itu menyebut sebelumnya Pemkot Mojokerto juga memajang puluhan konde di kaca etalase rumah rakyat sebagai simbol peringatan Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 21 Desember.

"Yang terbaru kemarin adalah peringatan hari lahirnya Pancasila dan Bulan Soekarno. Saat itu kita pajang lambang ornamen Garuda Pancasila dan patung Presiden RI Pertama Soekarno di koridor rumah rakyat," pungkas Ning Ita.

Menurutnya, dekorasi yang diusung rumah rakyat akan selalu berubah mengikuti tema peringatan hari besar nasional.

Lihat juga video 'Intip Ide Bisnis Kado Wisuda dari Tanah Liat':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)