JIExpo Kemayoran Dipertimbangkan Jadi Fasilitas Isolasi Corona Terpusat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 10:11 WIB
Dukung percepatan program vaksinasi, GoTix bekerja sama Polda Metro Jaya menggelar Sentra Vaksinasi COVID-19 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.
JIEXpo saat dijadikan sentra vaksinasi (Dok. GoTix)
Jakarta -

Pemerintah menyiapkan berbagai skenario untuk mengantisipasi jumlah pasien Corona yang melonjak dan membutuhkan lokasi isolasi. Salah satu lokasi yang dipertimbangkan adalah JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Rencana ini tampak dalam slide Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menjelaskan soal pasien Corona yang perlu dirawat di rumah sakit dalam PPKM darurat melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/7/2021). Saat ini fasilitas isolasi terpusat yang sudah dapat digunakan adalah Rusun Nagrak, Rusun Pasar Rumput, dan Asrama Haji.

"Identifikasi lokasi yang dapat digunakan untuk fasilitas isolasi terpusat, seperti JIExpo Kemayoran," bunyi keterangan dalam slide tersebut.

JIEXpo dipertimbangkan jadi tempat isolasi (Dok. Sekretariat Presiden)JIEXpo dipertimbangkan jadi tempat isolasi (Dok. Sekretariat Presiden)

Selain itu, Menkes Budi menegaskan saat ini pasien COVID yang dirawat di rumah sakit bakal disaring.

"Yang masuk rumah sakit adalah orang-orang yang memang harus dirawat di rumah sakit. Jadi masyarakat tidak usah panik," ujar Budi dalam keterangan pers, Kamis (1/7/2021).

Dia mengatakan pasien COVID tidak mengalami sesak napas atau saturasi oksigennya tidak kurang dari 95 persen diminta diisolasi di rumah. Termasuk pasien Corona tanpa komorbid bisa menjalani isolasi mandiri atau di tempat isolasi terpusat, seperti Wisma Atlet.

"Karena kalau masuk rumah sakit malah terekspos dengan load virus yang tinggi di rumah sakit, dan biarkan rumah sakit dipakai untuk tempat orang-orang yang harus dirawat, masuk kategori sedang atau berat," ujar Budi.

Tonton video 'Cara Dapat Kartu Vaksin yang Jadi Syarat Perjalanan Saat PPKM Darurat':

[Gambas:Video 20detik]