Kalteng Juara 1 Lomba PPKM Skala Mikro Tingkat Nasional

Erika Dyah - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 18:37 WIB
Kalteng Juara 1 Lomba PPKM Skala Mikro Tingkat Nasional
Foto: Dok. Polda Kalteng
Jakarta -

Provinsi Kalimantan Tengah meraih penghargaan Pin Emas sebagai juara pertama dalam Lomba PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Skala Mikro Tingkat Nasional. Capaian ini diraih melalui kerja sama Pemprov Kalteng, Polda Kalteng, dan Korem 102 Panju Panjung.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo mengumumkan capaian ini usai pelaksanaan Upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-75. Kegiatan ini berlangsung secara virtual di Aula Arya Dharma Mapolda.

"Alhamdulillah, PPKM Skala Mikro yang berada di Jalan Yogyakarta Kelurahan Menteng Kota Palangka Raya dinobatkan sebagai juara pertama dengan nilai tertinggi Lomba PPKM Skala Mikro tingkat nasional dan berhak menerima Pin Emas dari Presiden Republik Indonesia," ungkap Dedi dalam keterangan tertulis, Kamis (1/7/2021).

"Penghargaan ini patut kita syukuri dan sebagai motivasi agar kita kerja lebih keras lagi dalam menanggulangi pandemi COVID-19 di wilayah Provinsi Kalteng," imbuhnya.

Dedi menjelaskan PPKM Skala Mikro yang dilakukan pihaknya memperoleh nilai tertinggi karena mempunyai lima kualifikasi unggulan. Adapun kualifikasi unggulan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Kampung tangguh terhadap COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan memiliki fasilitas tempat isolasi mandiri.

2. Kampung tangguh terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

3. Kampung tangguh terhadap narkoba.

4. Kampung tangguh ketahanan pangan.

5. Kampung atau Lewu Pancasila.

(akd/ega)