OJK dan Bank Indonesia Siap Sebarkan 335 Ribu Vaksin COVID-19

Nadhifa Sarah Amalia - detikNews
Minggu, 27 Jun 2021 20:50 WIB
OJK
Foto: Dok. OJK
Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI selama bulan Juli 2021 akan menyebarkan sekitar 335 ribu vaksin COVID-19 melalui sektor jasa keuangan. Hal ini dilakukan sebagai upaya membantu Pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19 ke seluruh Indonesia.

Sejalan dengan permintaan Presiden Joko Widodo pada kegiatan vaksinasi massal sektor jasa keuangan (16/6) lalu, OJK telah membahas dengan Kementerian Kesehatan yang akan mengalokasikan vaksin COVID-19 sebanyak 335 ribu di bulan Juli 2021. Selanjutnya sedang dalam pendataan kebutuhan vaksinasi yang akan dilakukan selama Triwulan III-2021.

OJK dan BI bekerja sama dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan/Badan Musyawarah Perbankan Daerah di seluruh Indonesia akan melaksanakan vaksinasi massal untuk pegawai dan nasabah/masyarakat untuk ikut berperan memenuhi target Pemerintah sebagaimana disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dan Gubernur BI, Perry Warjiyo.

"Program vaksinasi COVID-19 ini sangat penting untuk mencapai kekebalan kelompok untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional yang telah membaik sejak awal tahun ini sejalan dengan upaya meningkatkan protokol kesehatan yang lebih ketat," tekan Wimboh, dalam keterangan tertulis, Minggu (27/6/2021).

Selain yang dikoordinasikan oleh OJK dan BI, maka setiap Lembaga Jasa Keuangan juga didorong membuka sentra vaksinasi yang berkelanjutan. Pada vaksinasi massal sektor jasa keuangan di Jakarta pada 16-17 Juni lalu sebanyak 8.300 pegawai industri jasa keuangan dan masyarakat telah mendapatkan vaksin dosis pertama.

(akn/ega)