Masih Ada Pesepeda Road Bike Keluar Jalur Gowes Sudirman-Thamrin

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 07:46 WIB
Pesepeda Road Bike masiih ada yang keluar jalur sepeda di Sudirman-Thamrin
Foto: Pesepeda Road Bike masiih ada yang keluar jalur sepeda di Sudirman-Thamrin (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, dipadati para pesepeda pagi ini. Hingga kini, masih ada saja beberapa pesepeda road bike keluar jalur khusus sepeda yang sudah disiapkan.

Pantauan detikcom, pukul 07.10 WIB, Sabtu (26/6/2021), para pesepeda sudah meramaikan jalur sepeda Sudirman-Thamrin tepatnya di depan gedung FX Sudirman. Mereka terlihat menggunakan masker demi mentaati protokol kesehatan (prokes).

Terlihat ada petugas Dinas Perhubungan (Dishub) hingga Satpol PP berjaga di lokasi untuk mengatur keluar masuknya para pesepeda di jalurnya. Hal itu guna menghindari adanya kecelakaan antara kendaraan bermotor dengan pesepeda.

Namun, sangat disayangkan bahwa masih ada pesepeda yang nakal tidak menggunakan jalur sepeda yang telah disediakan. Bahkan ada juga pesepeda yang menggunakan trotoar jalan untuk melintas.

Selain pesepeda, juga terdapat para masyarakat yang berolahraga jogging di jalur trotoar. Walaupun ramai, mereka terlihat menjaga jarak dan tidak membuat kerumunan.

Sebelumnya, Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo sepakat dengan Komisi III agar jalur sepeda permanen dibongkar. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan keberadaan jalur sepeda di Sudirman-Thamrin tetap ada.

"Jalur sepeda tetap ada," kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (18/6).

Riza mengatakan hal yang menjadi perdebatan adalah mengenai planter box atau beton pemisah jalur sepeda dengan jalur kendaraan bermotor. Dia menuturkan akan membahas dan mempelajari masalah tersebut.

"Yang dibahas adalah beton pemisahnya. Nanti Kita akan pelajari bersama-sama," tegasnya.

Simak video 'Pesepeda Tolak Wacana Pembongkaran Jalur Sepeda':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)