Jagokan Portugal di Euro 2020, Mendes: Ronaldo Pemain Favorit Saya

Khoirul Anam - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 22:18 WIB
Mendes Abdul Halim
Foto: Kemendes
Jakarta -

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menjagokan Portugal dalam turnamen Euro 2020.

"Babak 16 besar akan dimulai Sabtu, 26 Juni, Portugal juara," kata pria yang akrab disapa Gus Menteri itu dalam keterangannya, Jumat (25/6/2021).

Adapun tim yang berhasil lolos dalam babak 16 besar, antara lain Italia, Belgia, Belanda, Wales, Swiss, Austria, Denmark, Republik Ceko, Inggris, Prancis, Swedia, Portugal, Jerman, Spanyol, Ukraina, dan Kroasia.

Diketahui, Portugal berhasil lolos babak 16 besar dengan status peringkat tiga terbaik usai bermain imbang melawan Prancis. Portugal sendiri berada di Grup Neraka yang berisikan Negara-Negara kuat, seperti Juara Dunia 2018 Prancis, Jerman, dan Hongaria.

Dalam turnamen itu, Prancis tampil sebagai Juara Grup, diikuti Jerman, dan Portugal. Sementara Hongaria berada di posisi akhir. Sementara itu, pada babak 16 besar, Portugal akan menghadapi Belgia.

Gus Menteri pun mengungkapkan alasannya menjagokan Portugal dan menyebut tim itu sebagai Brazil-nya Eropa.

"Apalagi dengan skuat timnas (tim nasional) Portugal ada pemain sekelas Cristiano Ronaldo yang sudah tidak bisa diragukan lagi penampilannya di dalam lapangan," kata dia.

Bagi Gus Menteri, penyerang Juventus itu adalah seorang pembeda dalam setiap laga dan mampu menjadi magnet kuat yang bisa membuat rekan satu timnya lebih bergairah dan tampil maksimal dalam pertandingan.

"Ronaldo adalah pemain favorit saya, Ronaldo mampu memotivasi rekan-rekannya untuk tampil lebih baik," kata Gus Menteri.

Di sisi lain, Doktor Honoris Causa dari UNY ini memastikan bahwa dalam masa pandemi COVID-19, ia hanya bisa nonton bareng bersama keluarga. Dia juga mengingatkan kepada masyarakat desa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak.

"Nobar bareng keluarga lebih baik dan seru, Namun, tetap disiplin protokol kesehatan. Gunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak," kata Gus Menteri.

(ega/ega)