Bayi 19 Bulan Terpapar COVID-19 di Petogogan Jaksel

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 17:55 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Seorang bayi berusia 1 tahun 7 bulan atau 19 bulan terpapar virus Corona (COVID-19). Bayi perempuan ini masuk klaster keluarga di Petogogan, Jakarta Selatan (Jaksel).

"Iya positif, bayinya 1 tahun 7 bulan. Tapi besok sudah selesai isolasi tanggal 27 (Juni 2021). Itu masuk klaster keluarga," kata Lurah Petogogan, M Nur, saat dihubungi, Jumat (25/6/2021).

Nur menjelaskan bayi ini masuk klaster keluarga yang terpapar COVID-19 di RT 6 RW 3 Kelurahan Petogogan, Jaksel. Dia menyampaikan awalnya bayi tersebut tertular dari tantenya.

"Awalnya tantenya dia kerja, kena anaknya itu tadi. Orang tuanya nggak kena (Corona) cuma tetap isolasi bareng anaknya, dia ikut (isolasi)," jelasnya.

Nur memastikan bayi tersebut tidak mengalami gejala. Pihaknya juga akan melakukan tes COVID-19 ulang usai sang bayi selesai isolasi mandiri.

"Iya nanti setelah isolasi mungkin akan dites ulang. Kita juga sudah membuka dapur umum untuk warga yang diisolasi maupun tidak diisolasi, khusus di RT 06. Kita menyiapkan sarapan, makan siang, dan makan malam. Semua itu berkat kerja sama warga dan swadaya masyarakat," jelasnya.

Lockdown Satu RT

Nur mengatakan RT 6 RW 3 memang masuk zona merah. Ada 11 warga yang saat ini terpapar COVID-19.

"Ada beberapa rumah yang kena di situ, RT 6 RW 3. Itu kan masuk RT merah, zona merah. Awalnya 7 rumah, 11 orang (terpapar COVID-19)," kata Nur.

"Memang ada di lingkungan RT 06 ini klaster keluarga, ada yang anak sama istri sama orang tua, ada yang sendiri aja, ada yang berdua, variasi," tambahnya.

Lebih lanjut, Nur mengatakan satu RT di sana saat ini diberlakukan lockdown akibat adanya klaster keluarga.

"Iya sudah (di-lockdown)," ucapnya.

Simak juga Video: Kemenkes Lirik Sinovac-Pfizer untuk Vaksin COVID-19 Anak-Remaja

[Gambas:Video 20detik]



(run/lir)