Kasus Corona Mingguan Melonjak 42%, 5 Provinsi Tertinggi dari Jawa

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 18:49 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Ilustrasi Virus Corona (Getty Images/BlackJack3D)
Jakarta -

Kasus Corona di Indonesia secara nasional melonjak sampai 42%. Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan PPKM secara mikro masih menjadi cara paling efektif untuk meredam penularan Corona.

"Minggu ini, perkembangan kasus positif COVID-19 nasional mengalami peningkatan yang sangat signifikan sebesar 42%. Kenaikan ini telah berlangsung selama lima minggu berturut-turut dan dikontribusikan oleh provinsi-provinsi di Pulau Jawa dengan penambahan mencapai hampir dua kali lipat dibandingkan dengan minggu lalu," kata ujar Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, Kamis (24/6/2021).

Ada lima provinsi di Pulau Jawa yang berkontribusi terhadap kenaikan kasus positif COVID-19, yaitu DKI Jakarta yang naik sebesar 13.022 kasus; Jawa Barat yang naik sebesar 6.449 kasus; Jawa Timur naik 1.756 kasus; Daerah Istimewa Yogyakarta yang naik sebesar 1.322 kasus; dan Jawa Tengah yang naik sebesar 1.012 kasus.

Sejalan dengan kenaikan kasus positif, kematian di Provinsi ini juga menjadi yang tertinggi di minggu ini. Hanya DIY yang angka kematiannya tak meningkat tajam.

"Hanya DIY yang angka kematiannya tidak meningkat tajam sehingga tidak masuk ke dalam lima besar," ujar Wiku.

Secara rinci, lima provinsi yang mencatatkan kenaikan kematian tertinggi adalah: DKI Jakarta yang naik sebesar 200 kasus; Jawa Tengah yang naik sebesar 96 kasus; Jawa Timur naik yang naik sebesar 79 kasus; Jawa Barat yang naik sebesar 73 kasus; dan Lampung yang naik sebesar 72 kasus.

Apa saran Satgas untuk meredam kasus Corona ini? Silakan klik halaman selanjutnya.

Lihat Video: Terus Meroket! Kasus Corona RI Tembus 20 Ribu Per 24 Juni

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2