Massa Pendukung HRS di 2 Titik Dekat Flyover Klender Mulai Bubarkan Diri

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 13:18 WIB
Jakarta -

Massa pendukung Habib Rizieq Shihab (HRS) di luar Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) perlahan membubarkan diri. Mereka bubar setelah sempat berkerumun di dua titik sekitar flyover dekat Stasiun Klender Baru.

Pantauan detikcom, Kamis (24/6/2021), massa mulai perlahan bubar pukul 11.45 WIB. Sebelumnya mereka bertahan di depan barikade polisi di dua titik, di depan flyover arah PN Jaktim dan Jalan I Gusti Ngurah Rai arah Stasiun Klender Baru.

Massa bergerak berjalan kaki menuju ke arah Stasiun Klender Baru dan Jatinegara. Sedangkan polisi masih berjaga di flyover mengantisipasi massa yang bergerak ke arah PN Jaktim. Tampak mobil water cannon dan taktis lainnya bersiaga di flyover.

Lalu lintas di Jalan I Gusti Ngurah Rai terpantau macet di dua arah. Sejumlah massa tampak masih bertahan duduk-duduk di trotoar.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan memastikan kondisi massa tidak lagi berkerumun. Namun pihaknya masih akan tetap bersiaga sampai sidang vonis Habib Rizieq selesai.

"Saat ini ya sudah mencair. Mereka mulai tidak serapat tadi. Tetapi kita juga tetap menjaga sampai nanti pelaksanaan sidang terakhir ya, sampai nanti setelah vonis secara keseluruhan," ujar Erwin.

200 Orang Diamankan

Ratusan orang diduga simpatisan Habib Rizieq yang mendatangi PN Jakarta Timur diamankan pihak kepolisian. Hingga pukul 09.04 WIB, sebanyak 200 orang sudah diamankan polisi. Mereka diamankan karena dianggap berkerumun.

"(Sudah) 200 orang (diamankan)," ujar Kapolsek Cakung Kapolsek Cakung Kompol Satria Darma saat dihubungi detikcom, Kamis (24/6/2021).

Dari hasil pemeriksaan sementara, polisi mendapati sejumlah dokumen bertuliskan FPI. Selain itu, kepolisian tampak mengamankan buku rekening dan sejumlah laporan keuangan. Belum diketahui secara pasti untuk apa buku rekening dan sejumlah laporan keuangan itu.

Simak video 'Sempat Ricuh, Massa Dekat Lokasi Vonis Rizieq Bubarkan Diri':

[Gambas:Video 20detik]



(run/fas)