Polri-TNI Gelar Vaksinasi Massal di Jaksel, Persilakan Warga Datang

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 13:17 WIB
Polri-TNI gelar vaksinasi massal di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, Kamis (24/6/2021).
Polri-TNI menggelar vaksinasi massal di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan. (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Polri bersama TNI menggelar vaksinasi COVID-19 massal di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan, hari ini. Vaksinasi itu dilakukan demi mendukung program Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang menargetkan 1 juta vaksinasi per hari.

"Kita ditugaskan Presiden untuk melaksanakan 1 juta vaksinasi per hari, di bulan depan paling lambat. Dengan inisiatif Panglima dan Kapolri, sekarang kita menyiapkan sentra vaksinasi di lokasi TNI-Polri di seluruh Indonesia. Di sini kapasitasnya minimal 5.000 per hari, mungkin bisa ditingkatkan," ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers di Lapangan Bhayangkara, Kamis (24/6/2021).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun menjelaskan bahwa ada 2.100 titik pelaksanaan vaksinasi massal hari ini. Khusus di Lapangan Bhayangkara, Sigit menargetkan minimal 5.000 warga disuntik vaksin COVID-19 hari ini.

"Hari ini ada 2.100 titik yang dilaksanakan. Dan khusus titik di sini, hari ini target kita minimal 5.000. Harapan kita, sesuai dengan arahan Presiden, di akhir Juni kita masuk di angka 1 juta. Tanggal 26 kita laksanakan dalam kegiatan serentak," terang Sigit.

Sementara itu, lokasi-lokasi padat menjadi target dari vaksinasi massal tersebut, seperti di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, yang dianggap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto padat.

"Salah satu contoh di Tanjung Perak, Surabaya, adalah tempat pelabuhan yang cukup padat, kita laksanakan. Dan termasuk di Tanjung Mas di Semarang, kita laksanakan vaksinasi secara serentak yang dilaksanakan TNI-Polri," kata Hadi.

"Selain itu, TNI di wilayah remote di wilayah terpencil, seperti kodim, koramil, lanud, lanal, juga melaksanakan kegiatan secara serentak. Apabila wilayah di situ juga ada satuan TNI, Polri, dan Dinkes, maka dilaksanakan secara bersama-sama," sambungnya.

Adapun pelaksanaan vaksinasi massal di Lapangan Bhayangkara bisa diikuti oleh seluruh warga DKI Jakarta yang belum disuntik vaksin COVID-19. Syaratnya pun mudah, hanya membawa KTP dan sudah berusia di atas 18 tahun.

"Kami imbau masyarakat Jakarta yang belum divaksin, silakan datang ke Lapangan Bhayangkara. Bisa hari ini, bisa tanggal 26 (Juni), 26 (Juni) seluruh polda. Langsung datang saja. Modalnya KTP dan umur 18 tahun ke atas," sahut Kabid Yankes Pusdokkes Polri Kombes Farid Amansyah.

(zak/zak)