PPDB SMA/SMK Riau Dibuka Pekan Depan, Calon Siswa Diminta Bersiap

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 11:43 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Pekanbaru -

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK di Provinsi Riau mulai dibuka pekan depan. Tahap pendaftaran mulai dibuka secara online pada 28 Juni hingga 3 Juli mendatang.

"Kalau tidak ada halangan, pekan depan sudah buka penerimaan. Mudah-mudahan tidak ada kendala teknis lagi," kata Kepala Dinas Pendidikan Riau Zul Ikram kepada detikcom, Kamis (24/6/2021).

Zul mengatakan khusus untuk seleksi dan tes tingkat SMK wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Proses seleksi dan tes akan berlangsung mulai 28 Juni hingga 5 Juli.

"Pengumuman hasil penerimaan pada 7 Juli 2021. Selanjutnya pendaftaran ulang dan verifikasi berkas pada 8-9 Juli. Dalam beberapa hari ini masih ada waktu untuk bersiap," kata Zul.

Setelah seluruhnya terverifikasi, siswa bisa mengikuti pengenalan sekolah selama dua hari, yakni pada 10-11 Juli. Sedangkan hari pertama masuk sekolah rencananya akan dimulai pada 12 Juli sesuai jadwal Disdik.

Namun Zul mengatakan jadwal masuk belum dipastikan. Sebab, belajar tatap muka masih melihat perkembangan kasus COVID-19 di Riau.

PPDB awalnya bakal digelar pada 14-21 Juni 2021. Zul mengatakan pengunduran jadwal itu dilakukan agar tak ada kendala ketika pendaftaran dimulai.

Simak juga 'Nadiem Jamin Kebijakan Sekolah Tatap Muka Tak Bertentangan Aturan PPKM':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/idh)