Diminta Buka Dokumen Hasil TWK, KPK Koordinasi dengan BKN

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 09:00 WIB
Film dokumenter KPK Endgame ditonton oleh pegawai tak lolow TWK.
KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, mengaku dokumen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dipegang Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Dinas Psikologi TNI AD. KPK merespons hal itu dan mengatakan bahwa KPK hanya bisa berkoordinasi dengan BKN, sebagai pihak pelaksana.

"Komisi Pemberantasan Korupsi berupaya memenuhi permintaan tersebut melalui koordinasi dengan BKN sebagai pihak yang melaksanakan TWK," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Ali mengatakan informasi yang dibutuhkan pemohon yang meminta hasil TWK, ada 8 poin yang bukan dalam penguasaan KPK. Dengan itu, KPK perlu berkoordinasi dengan BKN.

"Karena informasi yang diminta pemohon ada sekitar 8 poin yang tidak seluruhnya ada dalam penguasaan penuh kami," kata Ali.

"Kini BKN menyatakan bahwa informasi tersebut rahasia dan tersimpan sebagai dokumen di Dinas Psikologi TNI AD dan BNPT," sambungnya.

Selanjutnya, Ali mengatakan bahwa Psikologi TNI AD dan BNPT merupakan instansi yang dilibatkan BKN dalam tahapan tes indeks moderasi bernegara hingga wawancara

"Dua diantara instansi yang dilibatkan BKN melakukan tahapan tes indeks moderasi bernegara, profiling, dan wawancara," ujarnya.

Soal permintaan hasil TWK KPK dan siapa yang pegang:

Simak video 'BKN Tak Pegang Hasil TWK Pegawai KPK: Data Ada di Dispsiad & BNPT':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2