Pemkot Tangerang Pastikan Kabar Larangan Utara Zona Hitam Hoax

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 23:30 WIB
Red Hoax sign text, near sad defeated man, low poly 3d render illustration
Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta -

Beredar pesan di aplikasi WhatsApp bahwa daerah Larangan Utara, Kota Tangerang, berstatus zona hitam. Info itu dipastikan hoax.

"Kelurahan dan Kecamatan tidak pernah menginformasikan zona hitam pada pengurus RT dan RW. Maka berdasarkan informasi dan data pada kami dapat dipastikan SMS tersebut hoax," kata Kepala Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Kota Tangerang Buceu Gratina ketika dimintai konfirmasi, Rabu (23/6/2021).

Berikut ini bunyi pesan yang beredar tersebut:

Yth. Para Ketua RT di lingkungan RW 012, Puri Beta-1. Bersama ini kami sampaikan, bahwa kami baru saja mendapat informasi dari Kelurahan bahwa Wilayah Larangan Utara saat ini untuk Pandemi Covid-19 sangat mengkhawatir yaitu pada zona hitam. Untuk itu mohon kiranya bantuannya dapat menginformasikan kepada warganya. Demikian disampaikan, atas kerjasamanya di ucapkan terima kasih.

Buceu lantas memberikan surat keterangan dari sekretariat RW 012, Puri Beta-1. Surat tersebut terkait sterilisasi lingkungan di Puri Beta-1.

Berikut ini isi surat tersebut:

Melihat perkembangan penyebaran kasus COVID-19 akhir-akhir ini mengalami lonjakan drastis dan sangat mengkhawatirkan sehingga Kelurahan Larangan Utara dinyatakan zona merah. Sehubungan dengan tersebut, maka kami selaku satgas COVID-19, RW 012 mengambil langkah sementara sebagai berikut:

1. Agar warga tidak menerima tamu,
2. Warga wajib menggunakan masker medis, dan untuk security disiapkan masker medis,
3. Menghentikan sementara tukang dalam renovasi rumah maupun pembangunan rumah mulai tanggal 24 sampai dengan tanggal 28 Juni 2021,
4. Sopir dan asisten rumah tangga (ART) yang tinggal di luar Puri Beta-1 wajib memakai masker medis,
5. Lebih lanjut kami informasikan, bahwa warga maupun security di beberapa tempat di Puri Beta-1 mengalami Positif Covid-19 dan saat ini ada yang dirawat di Rumah Sakit dan isolasi mandiri.

(eva/eva)