Dinas Pertamanan DKI: Angkut Jenazah Pasien COVID Pakai Truk Baru Simulasi

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 23:19 WIB
Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati (Audrey/detikcom)
Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati (Audrey/detikcom)
Jakarta -

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati menepis kabar jenazah COVID-19 akan diangkut ke pemakaman menggunakan truk. Dia menegaskan opsi itu masih disimulasikan.

"Enggak, baru simulasi ya. Ini masih kita evaluasi kemungkinannya, sementara ini kita masih menggunakan ambulans," kata Suzi saat dihubungi, Rabu (23/6/2021).

Suzi menerangkan, pilihan ini disiapkan demi mengantisipasi kejadian luar biasa pasca-lonjakan kasus COVID-19. Namun dia menjamin saat ini layanan pengiriman jenazah masih terakomodir dengan ambulans.

"Kita melakukan beberapa proses, harus kita evaluasi bagaimana caranya nanti mengantisipasi kejadian luar biasa. Nah, ini baru simulasi, belum ada kita ke arah sana," ujarnya.

Suzi juga membantah kabar hari ini jenazah COVID-19 sudah mulai diangkut dengan truk. Dia memastikan saat ini pengangkutan jenazah COVID-19 terlayani dengan ambulans.

"Hari ini sudah kami tangani dengan ambulans dan sudah tuntas. Tidak ada (yang pakai truk)," tegasnya.

Klarifikasi Foto Viral 'Angkut Jenazah COVID dengan Truk'

Suzi buka suara soal foto viral jenazah COVID-19 diangkut dengan truk. Dia menjelaskan foto tersebut diambil sewaktu Dinas Pertamanan DKI Jakarta melakukan simulasi.

"Itu bukan konsumsi publik, itu baru simulasi, kalau itu dikonsumsi publik ya saya tidak tahu, itu masih simulasi yang kita lakukan," jelasnya.

Lebih lanjut Suzi menjelaskan simulasi pengangkutan jenazah dengan truk hanya dilakukan satu kali. Simulasi, sebutnya, digelar setelah adanya peningkatan permintaan pengangkutan jenazah di sejumlah RS rujukan COVID-19.

"Itu baru simulasi, andaikan kejadian (luar biasa), karena gini, banyaknya permintaan sekarang banyak permintaan dari semua rumah sakit," ucapnya.

Simak juga '2 PR Besar DKI Jakarta dalam Penanganan Pandemi COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2