Pasien COVID di Riau Nekat ke Padang demi Akad Akhirnya Nikah Virtual

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 12:33 WIB
Polisi saat mendatangi lokasi pernikahan pria positif Corona asal Riau yang kabur ke Padang (dok. Polresta Pekanbaru)
Polisi saat mendatangi lokasi pernikahan pria positif Corona asal Riau yang kabur ke Padang. (dok. Polresta Pekanbaru)
Pekanbaru -

Pemuda asal Riau, WN, nekat pergi ke Padang, Sumatera Barat, dalam kondisi positif Corona atau COVID-19. WN disebut pergi ke Padang untuk menikah.

"Rilis pasien COVID-19 dinyatakan tanggal 15 Juni lalu. Tanggal 19 rencananya bakal menikah," ucap Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang, kepada detikcom, Rabu (23/6/2021).

WN yang diminta isolasi mandiri malah pergi ke Padang bersama keluarganya. Bhabinkamtibmas dari Polsek Tanayan Raya, Aiptu Indra Gunawan, kemudian mengejar WN untuk mencegah penularan saat pesta pernikahan.

Nandang mengatakan pihak keluarga kemudian berkoordinasi dengan polsek hingga KUA setempat. Akhirnya, pernikahan digelar secara virtual.

"Setelah koordinasi dengan polsek, KUA dan keluarga akad nikah dilaksanakan secara virtual. Dihadiri perwakilan dari keluarga pihak laki-laki, orang tua pihak perempuan bersama dua orang saksi dari pihak perempuan dan laki laki," katanya.

Nandang mengatakan WN hanya melihat proses pesta pernikahan secara virtual di tempat isolasi. Dia menyebut pesta pernikahan tetap digelar di tempat perempuan karena persiapan sudah terlanjur dibuat.

"Pihak pengantin perempuan tetap melaksanakan pesta pernikahan tanpa didampingi oleh pihak pengantin laki-laki. Ini karena undangan dan persiapan lain sudah siap," katanya.

Nandang berterima kasih kepada semua pihak yang mau membantu proses isolasi dan pernikahan WN. Dia mengatakan hal tersebut ditujukan untuk mencegah penyebaran Corona.

"Kami tentu banyak terima kasih adanya bantuan semua pihak sehingga penularan COVID-19 bisa diantisipasi. Kalaulah terlambat akan terjadilah klaster baru di wilayah tempat mempelai wanita tinggal," ucap Nandang.

Simak juga 'Awas! 160 Kasus Corona Varian Delta Ada di RI, Ini Persebarannya':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)