KSAL ke Taruna Taruni Akademi AL: LGBT Sanksinya Dipecat!

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 11:25 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (dok. TNI AL)
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (dok. TNI AL)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono memberi pembekalan kepada para taruna-taruni Akademi Angkatan Laut (AAL). Dia mengingatkan prajurit yang terlibat kegiatan LGBT akan dipecat.

Hal itu disampaikan Yudo saat pembekalan di Indoor Sport Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, pada Selasa (22/6/2021).

Dia mengatakan para prajurit yang melakukan pelanggaran moral, seperti LGBT dan mental kejuangan yang tidak sesuai ideologi negara, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, Trisila TNI Angkatan Laut, serta Hree Dharma Shanty, akan dipecat dari kedinasan.

Yudo menyebut ada degradasi moral yang terjadi di generasi muda. Menurutnya, ada gerakan dari kaum LGBT yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai agama dan ideologi negara.

Dia menilai hal ini sebagai ancaman moral yang harus dihadapi secara serius. Yudo juga menyoroti masuknya radikalisme dan ekstremisme yang disebutnya mulai mengkhawatirkan di lingkungan TNI.

Dia berharap para calon prajurit bisa menjaga kekompakan dan tak terlibat LGBT hingga radikalisme dan ekstremisme. Dia meminta para taruna dan taruni AAL menjaga kekompakan.

"Kalian 101 personel harus bersama-sama terus saling bahu membahu dan jangan hanya karena jabatan kalian saling menjatuhkan satu sama yang lain. Sulit mencapai sukses tanpa saling membantu. Kalian harus kuat dari sekarang, tantangan jaman kalian jauh lebih berat daripada jaman saya, maka dari itu kalian harus bersama-sama bahu-membahu dan saling membantu," ujar Yudo seperti dilihat dari situs resmi TNI AL, Rabu (23/6/2021).

Pembekalan ini sendiri ditujukan agar lulusan AAL bisa menjadi generasi milenial penerus kepemimpinan TNI AL di masa dekade emas Indonesia 2045. Dia berharap para taruna dan taruni AAL menjadi prajurit yang unggul secara moral, pengetahuan, dan kemampuan.

(haf/imk)