Calon Penumpang Rela Tunggu 3 Jam demi Tes Antigen di Stasiun Tanah Abang

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 17:22 WIB
Suasana tes antigen di Stasiun Tanah Abang.
Suasana tes antigen di Stasiun Tanah Abang (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

PT KAI Commuter menggelar tes antigen Corona atau COVID-19 secara acak di Stasiun Tanah Abang. Namun beberapa calon penumpang sengaja untuk dites antigen, bahkan rela menunggu sebelum jadwal tes dimulai.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (22/6/2021), tes acak dimulai pada pukul 16.00 WIB. Namun ada calon penumpang, Rida (57), yang telah tiba di Stasiun Tanah Abang sejak siang hanya untuk dites antigen.

"Udah 3 jam lho (nunggu) daripada kita pulang lagi kan, ya sudah mending nunggu aja deh," ujar Rida saat ditemui di lokasi.

Wanita asal Parung Panjang ini mengaku rela datang jauh-jauh untuk mengikuti swab test antigen secara gratis. Ini dilakukannya karena banyak teman kantornya yang reaktif COVID-19 dan dirumahkan.

"Iya sengaja karena sebagian teman sudah ada yang dirumahkan, gitu kan. Nanti masalah keuangan morat-marit, teman-teman juga pada sedih jadinya. Udah deh, tes sendiri. Jadi kalau nanti udah masuk lagi, kan ada swab-nya," jelas Rida.

"Ya butuh aja saya keterangan bahwa saya tuh sehat gitu lho. Ya memang kita butuh, kalau nggak butuh, saya juga tadinya males. Mau vaksin, mau swab saya males. Tapi memang kenyataan sudah di depan mata, teman kerja sudah reaktif, ya jadinya mau nggak mau dah (swab)," sambungnya.

Ditemui di lokasi yang sama, Sekar (22) mengaku kebetulan mengetahui informasi swab test gratis ketika hendak pulang ke rumah di Bekasi. Pengguna KRL ini menyebut melakukan swab test antigen secara tiba-tiba sebagai bentuk perhatian terhadap dirinya sendiri.

"Ya biar aware aja sih sama diri sendiri. Biar tahu sebenarnya aku tuh ada virus atau nggak. Karena misal kalau ada virus terus nggak tahu, terus nyebar ke orang lain terus, kan itu bahaya juga kan. Udah gitu, sekarang COVID lagi meningkat banget kan sekarang," ungkapnya.

Selain itu, Joel (30), warga Serpong, mengaku sengaja melakukan swab test antigen dikarenakan dirinya hendak melakukan vaksin pada Jumat ini. Dia melakukannya sebagai bentuk perlindungan terhadap diri sendiri.

"Alasannya memang hari Jumat mau divaksinasi ya, jadi better mumpung ada swab antigen gratis gini lebih apa ya, lebih membantu gitu," kata Joel.

Diketahui, PT KAI Commuter melakukan tes acak antigen virus Corona atau COVID-19 di enam stasiun di Jabodetabek. Pengecekan acak ini dilakukan sejak kemarin, Senin (21/6).

Tes acak berlangsung pagi dan sore hari. Pengecekan dilakukan karena adanya lonjakan jumlah kasus harian COVID-19.

Enam stasiun yang menggelar tes antigen acak ialah Stasiun Bogor, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Tangerang, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Tanah Abang.

Simak video 'Ada Peningkatan Kasus COVID-19 Pada Anak, Apa Dampaknya?':

[Gambas:Video 20detik]



Begini Alur tes antigen di stasiun. Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2