NasDem Heran Bioskop Masih Dibuka di Tengah Upaya Tekan Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 15:11 WIB
Ahmad Ali (Dok. Pribadi).
Foto: Ahmad Ali (Dok. Pribadi).
Jakarta -

Partai NasDem meminta pemerintah mengevaluasi kebijakan yang memperbolehkan tempat wisata dan hiburan beroperasi di tengah melonjaknya kasus COVID-19. NasDem heran mengapa tempat hiburan seperti bioskop masih dibuka padahal berpotensi menularkan COVID-19.

"Perubahan kebijakan yang adaptif perlu dilakukan dengan memperhatikan kondisi saat ini. Jadi, segala kegiatan yang berpotensi menyebabkan kerumunan jangan dilakukan dulu," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali dalam keterangan tertulis, Selasa (22/6/2021).

Ali menilai penutupan tempat wisata dan tempat hiburan perlu dilakukan guna meminimalisir potensi kerumunan. Ketua Fraksi NasDem DPR RI itu menyebut kebijakan dibukanya tempat hiburan atau wisata seperti bioskop bertolak belakang dengan upaya menekan penyebaran Corona.

Lebih lanjut, menurut Ali, penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat tidak menjamin keselamatan pengunjung bioskop dari paparan virus corona. Sebab, para pengunjung itu berkumpul dalam waktu yang lama pada satu ruangan.

"Misalnya, puluhan orang nonton selama dua jam di satu ruangan. Meski mereka menerapkan prokes, potensi tertular COVID itu masih ada," sebut Ali.

Oleh karena itu, Ali meminta pemerintah mengambil keputusan tegas. Legislator NasDem dapil Sulawesi Tengah ini menegaskan pembatasan kegiatan masyarakat harus dilakukan dengan sangat maksimal.

"Kami berpandangan tidak ada cara lain untuk memotong penyebaran COVID-19 ini selain membatasi interaksi orang," pungkas Ali.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Bogor mengeluarkan aturan baru mengenai PPKM mikro di wilayahnya. Pemkot Bogor memberikan izin operasional bioskop dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Mengizinkan kegiatan operasional bioskop dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan telah mendapatkan persetujuan dari perangkat daerah terkait bersama Satgas COVID- 19 Kota Bogor," demikian bunyi Surat Edaran Walkot Bogor Bima Arya yang diterima detikcom, Selasa (22/6).

Lihat juga Video: Kang Emil Jajal Nonton Bioskop: Prokes Sudah Membaik

[Gambas:Video 20detik]




(zak/gbr)