Dua Bulan Jadi Buron, Perampok Berpistol di Jatinegara Ditangkap!

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 11:45 WIB
Pelaku kejahatan jalanan diborgol polisi / pelaku street crime. Agung Pambudhy/Detikcom.
Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Aparat kepolisian berhasil menangkap pelaku percobaan perampokan bersenjatakan airsoft gun di Jatinegara, Jakarta Timur. Polisi mengamankan pelaku di daerah Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/6).

"Kemudian selama 2 bulan tersangka ini melarikan diri dan bersembunyi di daerah Bogor, di Cibinong," Kapolres Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Timur, Senin (22/6/2021).

Erwin mengungkapkan, pelaku selama 2 bulan ini bersembunyi di Cibinong. Saat akan diamankan oleh polisi, pelaku yang berinisial RT tersebut sempat melakukan perlawanan.

"Saat akan diamankan melakukan perlawanan dan terpaksa petugas melumpuhkan," ujar Erwin.

Erwin mengatakan, dari hasil penyelidikan, RT membeli senjata api berjenis airsoft gun dari internet. Airsoft gun itu dibelinya seharga Rp 2 juta.

"Dari hasil penyelidikan, tersangka membeli senjata api jenis airsoft gun ini dari online dengan harga Rp 2 juta," katanya.

"Karena (beli) online, kami akan perlu waktu untuk bekerja sama tentang kegiatan jual-beli ini. Memang ini akan kami tindak lanjuti kemudian," imbuh Erwin.

Lebih lanjut Erwin menjelaskan, RT merupakan seorang residivis. Dia kerap melakukan kejahatan serupa dengan modus yang sama.

"Kemudian berkembang bahwa pelaku sebagai anggota tapi pada praktiknya tersangka ini residivis dan banyak melakukan kejahatan serupa dengan modus yang sama di beberapa wilayah di Jakarta dan di Bogor," kata Erwin.

Atas perbuatannya itu, RT dijerat Pasal 365 Ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Sebelum jadi buron, RT beraksi di kawasan Balimester, Jatinegara, Jakarta Timur. Dalam aksinya itu, dia melukai seorang sopir M Sofyan (56) dengan tembakan airsoft gun.

Simak juga 'Berbulan-bulan Buron, Pelaku Pencabulan Mantan Pacar di Sultra Diciduk':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)