Perwira Polda Riau Pukul Petugas Jaga, Perekam Video dari CCTV Diburu!

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 11:11 WIB
Jakarta -

Video pemukulan petugas jaga di Polda Riau, Bripda FZ oleh perwira polisi, Kompol RW, beredar viral di media sosial. Polisi mencari pelaku perekam video tersebut.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto menjelaskan bahwa video yang beredar direkam pelaku dari CCTV milik Polda Riau. Menurutnya, pengambilan gambar atau video oleh perekam dinilai bentuk pelanggaran.

"Akses ilegal yang dilakukan dengan merekam video dari CCTV milik Polda Riau merupakan pelanggaran serta perbuatan melawan hukum. Ini sudah sejak awal kita lakukan penanganannya," kata Sunarto kepada wartawan, Selasa (22/6/2021).

Sunarto mengatakan pihaknya tengah fokus mengusut penyebaran video. Menurutnya, penyebaran video secara ilegal merupakan perbuatan melanggar hukum.

"Kita sekarang fokus pada penyebaran video. (Ini jelas) perbuatan melawan hukum, tidak bisa (penyebaran video) dilakukan secara bebas. Ini melanggar UU ITE," ucapnya.

Dia menyebut sejak awal peristiwa terjadi, Polda Riau sudah menangani sebagai kasus internal. Pihak-pihak yang ada dalam video dan mengetahui peristiwa telah dipanggil untuk diperiksa.

"Setiap anggota Polda Riau wajib profesional menjalankan tugas-tugasnya. Termasuk paling utama itu profesional memberikan pelayanan kepada publik," ujarnya.

Sunarto menegaskan bagi anggota Polda Riau yang tidak menjalankan tugasnya secara profesional akan diarahkan dan dibina. "Jadi bagi anggota Polda Riau yang tidak bisa dan mampu memberikan pelayanan dengan secara baik, tentu ada sanksi menanti mereka," katanya.