detikcom Do Your Magic

Kerusakan Air PAM di Cakung Barat Disebut Telah Diperbaiki

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 17:58 WIB
Warga Cakung Barat yang terdampak gangguan air PAM menyambung selang ke pipa yang tidak bermasalah.
Foto: Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom
Jakarta -

Pihak pemerintah menyebut gangguan penyediaan air perusahaan air bersih (PAM) di Cakung Barat, Cakung, Jakarta Timur, sudah selesai. Masyarakat disebut telah kembali menikmati air bersih.

Diketahui, terdapat dua titik gangguan air PAM di Cakung Barat. Titik pertama adalah Jl Tipar Cakung, di lokasi proyek saluran air Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur. Wilayah yang terdampak adalah RW 05 dan RW 07 Cakung Barat.

"Sudah selesai diperbaiki oleh Aetra, dan air sudah normal," ucap Camat Cakung, Achmad Salahuddin, saat dihubungi, Senin (21/6/2021).

Sementara itu, titik kedua adalah di proyek jalan tol yang berada di Jl Bekasi, dekat Jl Raya Penggilingan. Wilayah yang terdampak adalah Rusun Km 2 Cakung.

Kini, menurut Plt Lurah Cakung Barat, Daniel Wisnu Parulian, disebutkan proses perbaikan juga sudah selesai. "Sudah diperbaiki dan sudah normal airnya," ujar Daniel saat dihubungi terpisah.

Seperti diketahui, gangguan air PAM di Cakung Barat disebut terjadi Senin (6/6/2021). Hal ini membuat masyarakat yang terdampak mengeluh karena air mati.

Salah seorang warga di Jl Tipar Cakung, Jaktim RT 3 RW 5 bernama Nia (29) mengaku air PAM sudah tidak mengalir sejak Senin (7/6) lalu. Dia terpaksa menggunakan selang terpisah yang disambungkan dengan aliran air PAM di lokasi lain.

"Udah sejak hari Senin kemarinlah, sejak proyek itu aja. Saya minta tolong sama pihak PAM pakai selang. Karena kan kita bingung dapat air dari mana. Dari depan kan putus, mau gimana," kata Nia saat ditemui detikcom Do Your Magic di kediamannya, Kamis (10/6).

Kemudian, Warga Rusun Km 2 Cakung, Cakung Barat harus rela menunggu semalaman untuk dapat menampung air yang mengalami kerusakan pada saluran PAM.

"Air itu sebenarnya ngalir, tapi sangat sedikit. Selama terjadinya kerusakan, bahkan itu harus ditunggu sampai semalaman, pas pagi dialirin ke rusun itu cuma tahan 10 menit," kata salah seorang warga rusun Slamet saat ditemui detikcom di Rusun Cakung Km 2 di Jl Raya Bekasi, Cakung, Jaktim, Jumat (11/6).

(aik/imk)