Ngeri! Tim SAR Terobos Sarang Buaya demi Evakuasi Mayat Pria di Babel

Deni Wahyono - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 14:13 WIB
Tim SAR di Babel terobos sarang buaya demi evakuasi mayat (dok. Tim SAR)
Tim SAR di Babel terobos sarang buaya demi evakuasi mayat (dok. Tim SAR)
Belitung Timur -

Tim SAR di Bangka Belitung (Babel) melakukan aksi ekstrem untuk mengevakuasi mayat seorang pria yang dilaporkan hilang selama 2 hari. Tim SAR harus menerobos sarang buaya demi mengevakuasi mayat.

Evakuasi itu dilakukan di utara rawa Desa Dukong, Belitung Timur, Minggu (20/6/2021). Proses evakuasi dilakukan setelah petugas mencari pria bernama Juperi Ahmad (53) selama 2 hari.

"Korban ditemukan meninggal dunia pada Minggu (20/6) pukul 10.27 WIB di utara rawa Desa Dukong setelah tim SAR gabungan melakukan pencarian selama 2 hari," kata Komandan Pos SAR Belitung, Rahmatullah Hasyim, saat dihubungi detikcom, Senin (21/6/2021).

Muara sungai tersebut dikenal warga setempat sebagai sarang buaya. Warga menyebut kawanan buaya air asin maupun air tawar sering berada di wilayah tersebut.

Rahmatullah mengatakan mayat tersebut ditemukan dalam kondisi mengapung. Ada sejumlah luka dan bagian tubuh yang terlepas.

"Kondisi korban ditemukan mengapung. Ada bekas luka di tubuh korban dan bagian yang hilang sudah ditemukan," ujarnya.

Proses evakuasi jenazah pun berlangsung dramatis. Petugas harus melakukan manuver speedboat di rawa karena ada dua buaya yang berada di dekat mayat.

"Tak jauh dari jenazah korban ditemukan terdapat dua ekor buaya. Jadi kita harus melakukan manuver speedboat," kara Rahmat.

Jenazah korban kemudian berhasil dievakuasi pukul 11.00 WIB. Setelah dievakuasi, mayat tersebut diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan.

Korban dikabarkan hilang setelah tidak terlihat pukul 23.25 WIB, Jumat (19/6). Pihak perusahaan tempat Juperi bekerja melapor ke Polsek Dendang dan Basarnas Babel.

Lihat juga video 'Kerap Mangsa Ternak Warga, Buaya Muara di Jambi Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)