Polisi Cari Pengunggah Viral Pria Disebut Positif Corona Jalan-jalan di PIK

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 12:32 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Polisi masih mengusut unggahan viral di Instagram yang menyebut ada seorang pria positif Corona atau COVID-19 tapi jalan-jalan di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Polisi mengatakan bakal mencari pengunggah video dan orang yang disebut positif COVID-19 tetap keluyuran itu.

"Iya masih diproses nyari data. Data penyebar sama data yang disebarkan kan gitu. Karena kan data-datanya kami masih cari dulu soalnya ini kan masih di media sosial semua," ujar Kapolsek Penjaringan Kompol Andryansyah, saat dihubungi detikcom, Senin (21/6/2021).

Andryansyah mengatakan pihaknya akan menelusuri tempat yang diduga menjadi lokasi pria disebut positif Corona itu tinggal dan tempat makan yang dikunjungi. Dia menegaskan cerita dalam unggahan tersebut masih diselidiki kebenarannya.

"Yang bilang positif itu kan temannya, makanya kita cari dulu dia nginap di mana, makan kapan, setelah itu nanti kita baru bisa tahu, oh ternyata yang menyebarkan siapa. Apakah dia memang positif COVID atau tidak. Kan itu positif belum tentu. Yang namanya media sosial kan ya," kata Andryansyah.

Dia menyebut belum laporan dari pihak penyebar informasi viral tersebut. Namun, dia mengatakan polisi tetap menelusuri kebenaran informasi dalam unggahan viral itu.

"Sampai saat ini kan belum bikin laporan. Tapi sekarang kita crosscheck dulu karena kan ini sudah menyebar luas di publik, sudah meresahkan masyarakat. Otomatis kita cari dulu nih yang pihak merasa itu yang dianggap itu positif atau tidak. Sementara kami cari dulu," ucap Andryansyah.

"Masih kita telusuri dulu sampai ke rumah-rumahnya juga masih kita harus telusuri. Kita cari juga alamat-alamatnya tempatnya di mana itu di PIK," sambungnya.

Pria yang Dituding Positif Corona Membantah

Sebelumnya, salah satu warganet mengunggah story Instagram yang menyebut rekannya keterlaluan karena mengaku positif COVID-19 tapi berkeliaran ke mana-mana. Redaksi detikcom lantas mencoba menghubungi pemuda yang disebut positif COVID-19 itu.

Pemuda itu menepis positif COVID-19. Dia mengaku hanya bercanda dengan rekannya yang kemudian mengunggah cerita itu ke story Instagram.

"Nggak benar. Maaf itu video saya lagi bercanda dengan teman saya yang kirimin saya makanan jadi video lama saya post," ucap pemuda itu saat dimintai konfirmasi, Minggu (20/6).

"Sebenarnya saya lagi ngobrol dengan cara teman SMA. Tapi entah kenapa malah dia post. Harusnya kalau saya jahat dia saya kenain ITE loh," imbuhnya.

Pemuda itu memastikan dia tidak positif COVID-19. Hal itu dibuktikannya dengan unggahan hasil tes swab negatif pada 14 Juni 2021.

"Kalau saya taruh di feed (Instagram), berarti saya mempublikasikan. Kalau saya chat pribadi apa pantas di-post? Maaf saya negatif (COVID-19)," ucapnya.

"Dan saya nggak berkeliaran. Kalau saya amit-amit positif nggak mungkin berkeliaran. Kalau pergi untuk swab atau ke RS apa tergolong keliaran?" imbuhnya.

(haf/haf)