Beredar Surat Antigen Negatif Tanpa Tes di Jaktim, Polisi Selidiki

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 11:18 WIB
Petugas gabungan melakukan penyekatan di check point Cileunyi. Para pengendara yang tak dapat menunjukkan surat bebas COVID-19 pun dites rapid antigen.
Ilustrasi tes antigen virus Corona (Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Beredar surat hasil tes antigen virus Corona (COVID-19) yang disebut palsu. Polres Jakarta Timur akan menyelidiki kasus tersebut.

Surat hasil antigen itu beredar di media sosial Twitter. Dilihat detikcom, Senin (21/6/2021), salah satu akun di Twitter menggunggah surat keterangan hasil rapid antigen virus Corona dari salah satu klinik di Ciracas, Jakarta Timur.

Tampak surat yang ditampilkan merupakan tangkapan layar dari status media sosial seseorang. Nama akun pengunggah pertama kali surat itu ditutup.

Dalam surat itu disebutkan seseorang telah melakukan swab antigen pada 14 Juni 2021. Hasilnya adalah negatif virus Corona. Namun, dalam keterangan tersebut, dituliskan bahwa surat itu didapat tanpa melalui tes antigen.

"Nggak test swab tiba-tiba langsung ada aja ini surat negatif. Namanya duit bisa dibuat apa aja," tulis keterangan dalam unggahan surat tersebut.

Dalam surat tersebut, terdapat nomor telepon klinik. Namun, saat dihubungi, nomor tersebut tidak bisa dihubungi.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan menyebut polisi akan mengecek surat tes antigen. "Baik, nanti kita selidiki," ujarnya saat dihubungi terpisah.

(aik/dhn)