Info Gempa Hari Ini: Bukittinggi-Pangandaran

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 10:18 WIB
Info Gempa Hari Ini: Bukittinggi-Pangandaran
Info Gempa Hari Ini: Bukittinggi-Pangandaran (Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Jakarta -

Ada sejumlah informasi gempa hari ini yang terjadi sejumlah daerah di Indonesia. Gempa terjadi di Kabupaten Seram Bagian Barat, Pangandaran, hingga yang terkini mengguncang Bukittinggi.

detikcom merangkumkan sejumlah informasi terkait gempa hari ini:

Dua Gempa Hari Ini di Kabupaten Seram Bagian Barat

Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku, diguncang dua gempa hari ini. Gempa pertama berkekuatan magnitudo (M) 3,4 terjadi pada pukul 07.11 WIB, dengan titik koordinat gempa berada pada 3,35 Lintang Selatan dan 128,37 Bujur Timur.

"Pusat gempa berada di darat 38 km Tenggara Piru-Seram Bagian Barat," tulis BMKG dalam website resminya, Senin (21/6/2021).

Gempa berada di kedalaman 10 km. Gempa terasa di Kairatu dengan skala MMI II hingga III. Skala II berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III berarti dirasakan nyata dalam rumah dan getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Berselang hanya satu menit, gempa kedua kembali mengguncang dengan M 3,3 pada pukul 07.12 WIB. Titik koordinat gempa kedua berada di 3,38 Lintang Selatan dan 128,39 Bujur Timur dengan kedalaman 11 km.

"Pusat gempa berada di darat 6 km tenggara Kairatu-Seram Bagian Barat," tulis BMKG.

Gempa Hari Ini: Pangandaran

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, juga diguncang gempa bumi hari ini. Gempa berkekuatan M 4,4 tersebut terjadi pada pukul 08.01 WIB.

Gempa terjadi pada kedalaman 18 km. Titik koordinat gempa ada pada 8,46 Lintang Selatan dan 108,41 Bujur Timur.

"Pusat gempa berada di laut 84 km barat daya Kabupaten Pangandaran," tulis BMKG melalui laman resminya,Senin (21/6/2021).

Gempa dirasakan di Pangandaran dengan skala MMI II hingga III.

Gempa Hari Ini: Bukittinggi hingga Terasa di Padang Pariaman

Gempa hari ini juga mengguncang Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), dengan kekuatan M 4,1. Getaran disebut terasa hingga wilayah lain, seperti Padang Panjang dan Payakumbuh.

Gempa terjadi pada pukul 07.47 WIB. Pusat gempa berada pada koordinat 0,38 LS-100,31 BT di darat 10 km barat daya bukittinggi.

"Kedalaman 10 Km," demikian tulis BMKG dalam situs resminya, Senin (21/6/2021).

Getaran gempa terasa pada Skala MMI III-IV di Bukittinggi. Selain itu, getaran gempa disebut terasa pada skala MMI II hingga III di Agam, Padang Panjang, Padang Pariaman, Tanah Datar, dan Payakumbuh.

Tak ada peringatan potensi tsunami akibat gempa ini. Belum ada laporan kerusakan ataupun korban akibat gempa.

(izt/imk)