Round-Up

Sorotan untuk Paspor Palsu Adelin Lis Kala Jadi Buronan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 08:13 WIB

Paspor 'Aspal' Adelin Harus Diusut!

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mendorong polisi mengusut kasus pemalsuan paspor ini.

"Saya meminta kepada penegak hukum, khususnya kepolisian, untuk melakukan proses hukum atas dugaan pemalsuan paspor dari Adelin Lis yang kemarin ketahuan di Singapura atas nama Hendro Pambudi. Nah, ini bisa saja buku paspornya asli tapi dokumennya asal pembuatan tidak sah alias aspal, asli tapi palsu tapi tetap pemalsuan," kata Boyamin kepada wartawan, Minggu (20/6/2021).

Boyamin mendorong agar pemalsuan paspor oleh Adelin ini diusut sampai tuntas. Pasalnya, pemalsuan paspor ini dinilai telah mempermalukan Indonesia.

"Dan kalau nanti jika itu betul-betul palsu keseluruhan ya tetap harus diproses karena nyatanya pernah dipakai untuk lintas negara dari Indonesia ke Singapura atau pun bisa jadi ke negara-negara yang lain. Dan ini kita menjadikan suatu yang buruk, karena apa? Ini ketahuannya di Singapura dan itu diproses hukum di sana, didenda dan lain sebagainya, maka ini telah mempermalukan bangsa Indonesia dan negara Indonesia," tuturnya.

Dia meminta Kejaksaan Agung merekomendasikan kepada polisi untuk melakukan proses pidana pada kasus pemalsuan paspor ini. Dia juga meminta Dirjen Imigrasi menyelidiki kasus ini.

"Dan Kejaksaan Agung saya minta untuk merekomendasikan kepada kepolisian untuk melakukan proses pidana pemalsuan terhadap paspor yang dipakai Adelin Lis untuk melintasi negara Singapura atau negara lainnya dengan nama Hendro Pambudi tersebut. Dan ini sekali lagi bisa dilakukan senggaknya bukan hanya kepolisian tapi Dirjen Imigrasi juga bisa melakukan dengan pegawai penyidik pegawai negeri sipilnya, melanggar Undang-Undang Imigrasi," ungkapnya.


(rdp/rdp)