412 Kios Pedagang Pasar Leles Garut Hangus Terbakar

Hakim Ghani - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 03:41 WIB
Garut -

Kebakaran melanda Pasar Leles, Garut, Sabtu (21/6) tengah malam. Hampir seluruh kios dan lapak pedagang kaki lima (PKL) yang ada di pasar tersebut hangus terbakar.

Danramil Leles Kapten Infanteri Didi Suryadi mengatakan ada 412 kios milik pedagang di Pasar Leles yang hangus terbakar.

"Untuk kios yang terbakar laporan sementara ada 412 serta 60 lapak PKL," ucap Didi kepada wartawan di lokasi, Senin (21/6/2021).

Kebakaran terjadi di Pasar Leles yang berada di Jalan Raya Leles-Kadungora. Seorang saksi mata mengatakan, kata Didi, api pertama kali terlihat dari sebelah utara pasar sekira pukul 23.30 WIB.

Pasar Leles Garut kebakaran (Hakim/detikcom)Foto: Pasar Leles Garut kebakaran (Hakim/detikcom)

"Apinya pertama kali dari sebelah utara. Pedagang teriak-teriak kebakaran. Kami dan anggota kemudian mencoba menenangkan dan membantu masyarakat ke tempat yang lebih aman," ujar Didi.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi sekitar pukul 2.43 WIB, api hingga saat ini masih belum bisa dipadamkan. Petugas Disdamkar dibantu warga setempat masih berjibaku memadamkan api.

Pasar Leles Garut kebakaran (Hakim/detikcom)Foto: Pasar Leles Garut kebakaran (Hakim/detikcom)

Pasar ini adalah pasar darurat yang dibangun Pemda Garut di atas tanah Alun-alun Leles pasca kebakaran yang melanda Pasar Tradisional Leles tahun 2017 lalu. Bangunan semi permanen dengan material kayu membuat api cepat merambat.

Selain petugas Damkar dan masyarakat, personel dari TNI, Polri, BPBD, Dishub hingga petugas PLN juga ada di lokasi. Aliran listrik di sekitar lokasi kebakaran terpantau padam.

Petugas juga menutup Jalan Raya Leles-Kadungora untuk mempermudah jalannya proses pemadaman api. Waka Polres Garut Kompol Andrey Valentino mengatakan, pihaknya akan melakukan pendalaman atas kejadian ini.

"Untuk upaya lanjut, besok pagi akan kami dalami," kata Andrey.

(isa/isa)