Pertamina Beri Pembekalan Mitigasi Bencana ke Warga Balongan

Nadhifa Sarah Amalia - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 11:26 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui Pemasaran Regional Jawa Barat bersama masyarakat Desa Balongan melakukan pelatihan pencegahan bencana nonalam, Kamis (17/6). Hal ini dilakukan sebagai upaya membangun keamanan dan keselamatan bersama.

Adapun kegiatan ini diselenggarakan di Balai Desa Balongan, Indramayu Jawa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 orang perwakilan warga dari 17 RT dengan mengikuti protokol kesehatan.

Senior Supervisor Health, Safety, Security and Environment (HSSE) Tujung Baskoro Adi beserta tim HSSE dari Integrated Terminal Balongan menyampaikan sosialisasi ini melingkupi cara menangani dan menanggulangi kebakaran di skala rumah tangga, cara menyelamatkan diri ketika terjadi peristiwa kebakaran, hingga mendampingi warga praktik langsung memadamkan api menggunakan selimut api (fire blanket) serta Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat, Fahrougi Andriani Sumampouw menjelaskan, kegiatan tersebut menjadi salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan yang bersinergi dengan masyarakat sekitar Ring I Integrated Terminal Balongan. Hal ini dalam upaya membangun budaya keselamatan, keamanan, dan kesehatan lingkungan atau yang biasa dikenal dengan istilah HSSE.

"Fuel Terminal merupakan objek vital nasional yang perlu dijaga bersama, agar operasional penyediaan energi bagi masyarakat berjalan aman dan lancar. Mengingat kegiatan operasional tersebut berisiko tinggi, dimana ada potensi bahaya, kami berharap masyarakat di sekitar wilayah operasi kami dapat mendukung mitigasi dari awal adanya potensi bahaya dari luar lingkungan operasi terdekat," jelas Fahrougi, dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/6/2021).

Selain itu Fahrougi mengungkapkan, dengan adanya kepedulian akan aspek HSSE ini, Desa Balongan diharapkan dapat menyebarkan pengetahuan mengenai mitigasi peristiwa kebakaran, serta semangat menciptakan lingkungan desa yang aman.

"Melalui pembekalan ini, kami menggerakkan semangat berbagi pengetahuan, gotong royong dan melibatkan warga untuk bersama-sama mencegah dan meminimalisir terjadinya peristiwa kebakaran. Jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di skala rumah tangga, maka warga sudah memiliki pengetahuan menyelamatkan diri dan diharapkan dapat ditanggulangi lebih cepat," ujarnya.

Sedangkan Kepala Desa atau Kuwu Desa Balongan Radi Bin Tjasmad yang turut hadir pada kegiatan pembekalan hari ini mengapresiasi upaya Pertamina dalam membangun pentingnya budaya keamanan di Desa Balongan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pertamina atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga dapat menumbuhkan budaya keselamatan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam memitigasi bahaya kebakaran," pungkasnya.

Simak juga 'Kebakaran di Tangki Kilang Cilacap Pertamina Dinyatakan Padam':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/mpr)