Round-Up

Anjuran Warga DKI di Rumah Saja Akhir Pekan Gegara Corona Menggila

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 20:02 WIB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menganjurkan warga Ibu Kota tetap di rumah pada akhir pekan. Anjuran Anies itu dampak penularan Corona di DKI yang semakin menggila.

Berdasarkan data BNPB, Jumat (18/6/2021), total kasus COVID-19 di Jakarta mencapai 463.552. Data itu setelah ada tambahan 4.737. Sedangkan kasus sembuh hari ini di Jakarta bertambah 2.517, sehingga total yang telah sembuh 431.004. Adapun kasus meninggal bertambah 66, sehingga total kasus meninggal akibat Corona sebanyak 7.640.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia sempat mengatakan kasus tambahan Corona di DKI pernah mencapai tertinggi pada Februari 2021. Angka tambahan kasusnya mencapai 4.213 pada 7 Februari.

Dan, tambahan kasus Corona menyentuh 4 ribuan kembali terjadi di Jakarta kemarin. Angka kasus tambahan pada Kamis (17/6) mencapai 4.144.

Dari data tersebut itu, artinya tambahan kasus hari ini sebanyak 4.737 merupakan angka kasus tambahan tertinggi di Jakarta selama pandemi.

Anies mengimbau warga tak hanya menaati anjuran ini pada saat libur Sabtu-Minggu. Dia menyarankan warga tidak bepergian jauh di luar rumah karena berpotensi menularkan COVID-19.

"Jadi kita menganjurkan kepada seluruh masyarakat di Jakarta dan sekitarnya hari Sabtu-Minggu besok untuk di rumah saja, menganjurkan. Kecuali ada kebutuhan yang mendesak dan mendasar," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

"Bukan hanya Sabtu-Minggu, ini kebetulan besok hari Sabtu-Minggu adalah hari libur, maka gunakan untuk di rumah. Ini kesempatan bagi kita semua untuk sama-sama keluarga tidak bepergian, mengurangi aktivitas yang berpotensi ada penularan," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2