Anies: Kondisi Jakarta Makin Mengkhawatirkan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 19:12 WIB
Gubernur Anies Baswedan di  Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.
Gubernur DKI Anies Baswedan (Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin apel terkait penegakan protokol kesehatan. Anies menyebut kondisi Jakarta saat ini semakin mengkhawatirkan.

Apel digelar di Monas, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, pada Jumat (18/6/2021). Apel diikuti Pemprov DKI, Kodam Jaya, dan Polda Metro Jaya.

"Saat ini sedang dalam masa pandemi dan kondisinya makin hari makin mengkhawatirkan. Karena itu, kita semua bersiaga bersiap untuk menegakkan protokol kesehatan," ujar Anies.

Anies mengatakan semua pelanggaran protokol kesehatan akan ditindak petugas. Penegakan protokol kesehatan ini bertujuan semata-mata melindungi seluruh masyarakat.

"Bahwa penegakan aturan ini bukan semata-mata demi tegaknya peraturan, tapi katakan kepada semua bahwa ini untuk melindungi anda ini untuk melindungi seluruh warga," ujar Anies.

Anies menerima laporan bahwa kasus baru Corona di DKI pada hari ini merupakan yang tertinggi. Ini menjadi peringatan bagi semuanya untuk bekerja ekstrakeras.

"Laporan hari ini jumlah kasus positif merupakan angka rekor tertinggi selama masa pandemi satu setengah tahun. Karena itu, kita semua harus bekerja ekstra keras untuk memastikan bahwa seluruh komponen masyarakat mentaati pemakaian masker, mentaati jumlah orang di dalam ruangan dan mentaati untuk menjaga jarak," ujar Anies.

Untuk diketahui, kasus tambahan Corona di DKI kembali meningkat. Hari ini tambahan Corona di DKI mencapai 4.737.

Berdasarkan data BNPB, Jumat (18/6/2021), total kasus COVID-19 di Jakarta mencapai 463.552. Data itu setelah ada tambahan 4.737. Sementara kasus sembuh hari ini di Jakarta bertambah 2.517, sehingga total yang telah sembuh 431.004. Sedangkan kasus meninggal bertambah 66, sehingga total kasus meninggal akibat Corona sebanyak 7.640.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia sempat mengatakan kasus tambahan Corona di DKI pernah mencapai tertinggi pada Februari 2021. Angka tambahan kasusnya mencapai 4.213 pada 7 Februari.

Simak Video: Anies Imbau Warga DKI Akhir Pekan di Rumah Saja

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)