Polisi Tentukan Nasib Pelaku Pelecehan ke Ibu-ibu di Tebet Malam Ini

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 17:51 WIB
ilustrasi pelecehan seksual
Ilustrasi pelecehan seksual (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Seorang pria S (38) yang melakukan pelecehan seksual terhadap seorang ibu di Tebet, Jakarta Selatan, telah diamankan polisi. Namun korban hingga saat ini diketahui tidak membuat laporan ke polisi.

"Jadi gini, kasus itu tidak dibuatkan LP karena si korbannya juga nggak mau buka LP. Dia sudah membuat pernyataan untuk tidak diteruskan ditindaklanjuti," ujar Kanit Reskrim Polsek Tebet AKP Hermawahyu Adi saat dihubungi detikcom, Jumat (18/6/2021).

Diketahui S saat ini telah diamankan oleh polisi. Adi menjelaskan, jika korban tidak membuat laporan sampai hari ini, S akan dipulangkan ke pihak keluarga.

"1x24 jam tidak ada kepastian hukumnya ya kita pulangkan kepada keluarga. Karena dari pihak pelapor dari pihak korban membuat pernyataan tidak untuk dibuat laporan," ujar Adi.

Pernyataan senada juga disampaikan Kapolsek Tebet Kompol Alexander Yurikho. Dia menjelaskan soal penerapan prinsip restorative justice dalam kasus ini.

"Kewenangan mengamankan terduga pelaku selama 1×24 jam sudah digunakan oleh penyidik, dengan penerapan restorative justice. Terduga pelaku penyidik kembalikan ke keluarga," ujar Yurikho.

Untuk diketahui, seorang ibu berusia 55 tahun di Tebet, Jakarta Selatan, diduga mendapatkan pelecehan seksual saat sedang mandi. Pelaku pria berinisial S (38) ditangkap warga.

Salah seorang anak korban menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Rabu (16/6/2021) pukul 12.16 WIB. Menurutnya, pelaku berjumlah satu orang.

Dia menjelaskan peristiwa dugaan pelecehan seksual itu terjadi di kamar mandi. Kala itu, ibunya hendak pergi ke kamar mandi yang berada di luar rumah.

Dia pun kembali ke rumah. Saat berada di rumah, dia mengaku sempat bertemu pelaku yang berpura-pura menjadi sales hand & body lotion.

Merasa curiga, anak korban mengecek ibunya yang sedang berada di kamar mandi. Tak lama kemudian, dia mendengar suara teriakan ibunya dan melihat pelaku lari.

Berdasarkan keterangan ibu korban, pelaku diduga melakukan pelecehan di bagian vital. Anak korban kemudian mengejar pelaku sambil berteriak meminta tolong warga.

Dibantu oleh warga, pelaku berhasil diamankan. Sebelum diserahkan ke polisi, pelaku sempat menjadi bulan-bulanan warga.

(knv/knv)