5 Orang Tewas Akibat Ledakan Tangki Bahan Bakar Pabrik di Dumai Riau

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 15:13 WIB
Api kebakaran mobil. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi kebakaran (Dikhy Sasra/detikcom)
Dumai -

Ledakan tangki timbun yang mengandung gas metanol dan methane (biodisel) mudah terbakar terjadi di salah satu pabrik di Dumai, Riau. Lima pekerja tewas dalam peristiwa itu.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, menyebut ledakan terjadi pada Rabu (16/6/2021) malam di salah satu pabrik di Jalan Kelapa, Dumai.

"Ledakan kemarin menyebabkan api yang ada di lokasi menyala besar. Timbul asap hitam pekat di lokasi," ujar Sunarto, Jumat (18/6/2021).

Kelima pekerja tewas akibat luka bakar serius mencapai 60 persen di tubuh mereka. Dia mengatakan awalnya ada dua pekerja yang diketahui tewas.

"Korban meninggal dunia pertama 2 orang bernama Zainal Abidin (56) dan Kuntana (32). Zainal mengalami luka 90 persen dan Kuntana 60 persen," kata Sunarto.

Setelah kejadian, kata Sunarto, Kapolres Dumai AKBP Ananta mendapat informasi masih ada karyawan lain yang bertugas di lokasi. Polisi pun meminta perusahaan mengosongkan tangki.

"Setelah tangki kosong, kemudian dilakukan penyisiran pada tangki tersebut. Didapati ada tiga korban dalam keadaan meninggal dunia di dasar tangki," katanya.

Ketiga korban kemudian dievakuasi pada dini hari. Tiga korban tewas itu adalah Hasan Hari Lubis, Kiki Candra, dan Ahmad Zaini.

Seluruh korban dibawa ke RSUD untuk dilakukan autopsi dan mengidentifikasi korban. Selanjutnya korban diserahkan kepada pihak keluarga.

(ras/haf)