Golkar Jatim Rapatkan Barisan, Siapkan Airlangga Jadi Capres 2024

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 09:27 WIB
Golkar
Foto: dok. Golkar
Jakarta -

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jawa Timur (DPD Golkar Jatim) M. Sarmuji mengumpulkan seluruh Ketua DPD Golkar Kabupaten/Kota se-Jawa Timur di Hotel Golden Tulip Kota Batu. Agenda utama pertemuan itu adalah persamaan persepsi dalam rangka persiapan pencapresan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Menurutnya, saat ini belum ada satupun tokoh yang memiliki elektabilitas memadai untuk bisa menang sebagai calon presiden. Semua bakal calon pun, kata dia, belum ada yang mencapai 25%.

"Jika pun saat ini dilaksanakan pemilihan presiden, belum ada calon yang akan unggul," ungkap Sarmuji dalam keterangan tertulis, Jumat (18/6/2021).

Anggota Komisi XI DPR RI ini menguatkan keyakinan seluruh Ketua DPD Kabupaten Kota tentang peluang Airlangga Hartarto untuk maju dan menang dalam Pilpres 2024. Berdasarkan hasil survei yang dikeluarkan oleh Lingkaran Survei Indonesia, Denny JA, Airlangga Hartarto sudah mulai diperhitungkan sebagai calon presiden.

"Saat ini mereka yang memiliki elektabilitas cukup tinggi adalah mereka yang pernah mengikuti kontestasi politik baik Pilpres maupun Pilgub. Pak Airlangga belum pernah terlibat dalam kontestasi tapi sudah diperhitungkan. Apalagi kalau Pak Airlangga sudah turun gelanggang, insyaallah elektabilitasnya akan makin moncer," sebut Sarmuji.

Diketahui, ramainya suhu perpolitikan nasional berimbas juga di Jawa Timur. Provinsi paling timur di Pulau Jawa ini begitu seksi dalam kacamata politik Jakarta. Dalam beberapa bulan terakhir partai-partai besar intens melakukan komunikasi politik. Baliho para tokoh juga semakin bertebaran di titik-titik strategis Jawa Timur, sehingga eskalasi politik terasa semakin naik.

"Para tokoh yang berpotensi mencalonkan presiden sudah mulai fokus di Jawa Timur. Golkar jangan sampai kalah. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan Ketua Umum (Airlangga Hartarto) di masyarakat," imbuh Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Wakil Ketua Bidang MPO DPP Partai Golkar ini juga mengimbau untuk terus berkolaborasi yang positif antar kader maupun antar DPD. Menurutnya, tatap muka memang penting untuk terus dilakukan untuk menyapa masyarakat, tetapi revolusi komunikasi melalui media sosial mau tidak mau harus juga dikerjakan.

"Mudah-mudahan ke depan akan lebih banyak lagi program-program bersama Karena itulah esensinya sosial media seperti yang disampaikan oleh ketua DPD Jawa Timur (M. Sarmuji, Red.) tidak bisa dan tidak lain adalah kerja bersama atau kolaborasi komunikasi," pungka Meutia.

Lihat juga video 'Survei Capres SMRC: Prabowo Teratas, Anies-Ganjar Bersaing Ketat':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)