Grab Hadirkan Pusat Vaksinasi Inklusi di Yogyakarta

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 21:44 WIB
Grab
Foto: Jauh Hari Wawan S
Sleman -

Grab dan Good Doctor menghadirkan pusat vaksin yang inklusif di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Grab Vaccine Center DIY menargetkan vaksinasi kepada 10.000 penyandang disabilitas, lansia, abdi dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, serta pekerja publik sektor pariwisata dan transportasi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia drg. Oscar Primadi menjelaskan, pemerintah telah mulai melakukan vaksinasi terhadap kelompok penyandang disabilitas fisik dan mental pada tanggal 2 Juni lalu secara serentak.

"Para penyandang disabilitas menjadi prioritas penerima vaksin karena sangat penting untuk memberikan perlindungan kepada mereka yang rentan terpapar dengan virus COVID-19," kata Oscar di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Depok, Sleman, Kamis (17/6/2021).

Grab Vaccine Center menghadirkan metode Walk-In dan jalur khusus untuk tahap pengecekan/pemeriksaan (pre-screening) guna mengidentifikasi kondisi kesehatan calon penerima vaksin sebelum mereka mendapatkan vaksin. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat medis.

Untuk memfasilitasi penyandang disabilitas, Grab Vaccine Center menghadirkan jalur masuk dan antrian khusus, akses untuk pengguna kursi roda, dan toilet ramah disabilitas. Selain itu, penyandang disabilitas juga bisa mendapatkan pendampingan dari Difabel Tanggap Bencana (DIFAGANA) dan penerjemah khusus untuk peserta Tuli, hingga armada antar jemput khusus penyandang disabilitas ke pusat vaksinasi.

"Kami mengapresiasi Grab dan Good Doctor atas komitmen yang berkelanjutan untuk mendukung Program Vaksinasi Nasional melalui Grab Vaccine Center dengan pendekatan teknologi dan juga ramah bagi penyandang disabilitas dan turut mendukung pemulihan ekonomi nasional," sebutnya.

Country Managing Director, Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan pandemi ini mendorong peran kolaboratif dari sektor swasta dalam membantu pendistribusian vaksin. Ia menyebut sejauh ini Grab berkontribusi melalui teknologi dan sumber daya kami untuk mempercepat program vaksinasi di tanah air.

"Di Yogyakarta, kami bersyukur tidak hanya dapat melindungi para mitra pengemudi lewat pemberian vaksin, tetapi juga dapat turut mempercepat vaksinasi bagi para penyandang disabilitas dan memberikan fasilitas terbaik dalam pusat vaksinasi ini," jelas Neneng.

Grab Foto: Jauh Hari Wawan S

Dikatakan Neneng, dalam vaksinasi ini menghadirkan layanan transportasi yang dirancang khusus untuk penyandang disabilitas dengan mitra pengemudi yakni GrabGerak.

"GrabGerak akan siap menjemput para penyandang disabilitas yang akan divaksin di Grab Vaccine Center Yogyakarta. Kami berharap inisiatif yang kami lakukan ini dapat mendorong semakin banyak masyarakat untuk menerima vaksin COVID-19 pertama mereka," bebernya.

Lebih lanjut, Grab dan Good Doctor telah menjadi mitra swasta pertama pemerintah Indonesia dalam menyukseskan program vaksinasi nasional dengan pendekatan teknologi sejak Februari 2021. Sejauh ini pihaknya telah membantu distribusi vaksin ke ratusan ribu masyarakat dan mitra pengemudi di Indonesia di lebih dari 53 kota dan kabupaten.

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana menjelaskan Good Doctor selalu siap menjadi mitra pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi nasional.

"Kami menyadari pentingnya percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk mendukung pemulihan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia," jelasnya.

Sementara itu, Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo menjelaskan sejak awal masa pandemi pihaknya telah mendukung program pemerintah. Termasuk memberikan donasi-donasi yang diperlukan untuk merespon COVID-19. Danone, kata Karyanto, sejauh ini telah memberikan dukungan sebesar Rp 56 miliar untuk penanganan COVID-19.

"Setelah program vaksinasi jalan kita dukung penuh. Saat ini kita juga sedang lakukan aktivitas vaksin untuk program vaksin gotong-royong," kata Karyanto.

Selain bagi penyandang disabilitas, vaksin yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini akan diberikan kepada lansia dan pekerja publik sektor pariwisata dan transportasi sesuai dengan target Program Vaksinasi Nasional Tahap Kedua. Grab didukung oleh Danone Indonesia menjadi official hydration drops partner yang menyediakan kebutuhan air minum dan juga Dettol.

Acara ini berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta didukung Danone Indonesia, vaksinasi berlangsung selama 4 hari. Mulai tanggal 14 Juni hingga 17 Juni di GOR UNY.

(akn/ega)