detikcom Do Your Magic

Ini Desain Taman Sisi Jembatan Kota Paris yang Diharapkan Cegah Tawuran

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 15:08 WIB
Taman di samping Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, 17 Juni 2021. (Dok Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus)
Taman di samping Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, 17 Juni 2021. (Dok Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus)
Jakarta -

Taman di Jembatan Kota Paris telah dibangun. Kini pembangunan taman diteruskan sampai di sisi jembatan. Dengan dibangunnya taman, Pemprov DKI Jakarta berharap tak ada lagi tawuran di kawasan Johar Baru ini.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda, menjelaskan desain taman di sisi barat Jembatan Kota Paris tersebut, yakni di pinggir Jl Pulo Gundul, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

"Tempat yang selama ini buat parkir sama lapak-lapak pedagang itu kita tertibkan. Sebagian besar kami kembalikan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau," kata Mila kepada detikcom, Kamis (17/6/2021).

Tempat yang semula menjadi lapak parkir dan tengah dibangun taman itu berukuran sekitar 130 x 6 meter. Taman di bantaran kali itu adalah daerah pengaman.

"Maka harus ada ruang terbuka hijau. Itu dikembalikan lagi ruang fungsinya," kata Mila.

Taman di samping Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, 17 Juni 2021. (Dok Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus)Taman di samping Jembatan Kota Paris, Johar Baru, Jakarta Pusat, 17 Juni 2021. (Dok Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus)

Berdasarkan desain, akan ada planter box alias tempat tanaman di area taman. Bakal disediakan pula tempat duduk yang memungkinkan warga untuk berinteraksi di dalam taman. Terlihat dari gambar, ada jalan zigzag di dalam taman.

"Konsepnya seperti plaza, setiap plaza kan ada planter box-nya, ada tanaman, ada pohon," kata dia.

Dia berharap pembangunan taman itu kelar pada akhir bulan ini. Saat ini, petugas Dinas Pertamanan dan PPSU Tanah Tinggi tengah mengerjakan pembangunan taman ini, menanam sebagian area dengan palem kuning.

Belum ada penamaan spesifik untuk taman itu. Namun dia berharap taman itu bakal mengakhiri problem tawuran di Johar Baru, khususnya di sekitar Jembatan Kota Paris ini.

"Tujuannya nanti mempersatukan dua kelompok yang selama ini berantemlah," kata dia.

(dnu/dnu)