Polisi Gadungan Pakai Pelat Palsu Jadi Tersangka dan Ditahan!

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 15:06 WIB
Pemobil pelat palsu ngaku polisi menelepon komandan saat diamankan
Pemobil pelat palsu ngaku polisi menelepon 'komandan' saat diamankan (tangkapan layar video viral/istimewa)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menetapkan AHH, pengemudi mobil Daihatsu Xenia berpelat bodong, sebagai tersangka. Pria yang mengaku-aku sebagai polisi itu kini resmi ditahan.

"Sudah (ditetapkan) tersangka dan sudah ditahan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (17/6/2021).

Yusri menjelaskan AHH dijerat dengan Pasal 263 KUHP terkait pemalsuan surat-surat kendaraan.

"Iya tersangka atas pemalsuan surat," kata Yusri.

Meski begitu, Yusri memastikan AHH memiliki dokumen asli kendaraannya. Kendaraan tersebut terregister beralamat di Bekasi.

"Sementara untuk kendaraan terdaftar. Dia menggunakan nomor palsu, tetapi ada nomor yang asli (sudah dicek) keluar itu alamatnya di Bekasi," katanya.


Pakai Pelat Bodong

Sebelumnya, mobil Daihatsu Xenia bernopol B-2355-TKI yang dikemudikan AHH disetop polisi di Tol Kuningan arah Semanggi. Pengemudi tidak terima disetop hingga akhirnya ia mengaku-aku sebagai polisi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus memastikan pengemudi berinisial AHH bukan anggota Polri. Pria tersebut merupakan karyawan di salah satu perusahaan swasta.

"Hasil pendalaman awal memang yang bersangkutan AHH ini pekerja swasta, bukan sebagai anggota Polri," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Rabu (16/6/2021).

Yusri memastikan kartu tanda anggota (KTA) atas nama yang bersangkutan palsu. KTA palsu itu, kata Yusri, dibeli dari seseorang.

"KTA pun pengakuannya atas nama dia, ini dibeli dari seseorang, seharga Rp 2 juta," ujarnya.

Lihat juga video 'Pemuda di Jambi Pura-pura Jadi Polisi untuk Tagih Utang Tantenya!':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)