Cerita Sopir Saat Eks Sekdis PUTR Sulsel Terima Duit Sekoper Penyuap Nurdin

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 15:00 WIB
Saksi yang dihadirkan KPK dalam sidang terdakwa penyuap Nurdin Abdullah, Agung Sucipto di Makassar (Hermawan/detikcom).
Saksi yang dihadirkan KPK dalam sidang terdakwa penyuap Nurdin Abdullah, Agung Sucipto di Makassar (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Sopir mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (Sekdis PUTR) Sulawesi Selatan (Sulsel) Edy Rahmat, Irfandi, menceritakan momen saat bosnya menerima uang satu koper dari terdakwa pemberi suap Gubernur Sulsel nonaktif Nurdin Abdullah, pengusaha Agung Sucipto alias Anggu. Uang dalam koper dan tas ransel itu diterima Edy dari Agung Sucipto menjelang operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

Irfandi menuturkan, sesaat sebelum Edy terjaring OTT KPK pada 26 Februari lalu, dia bertugas mengantarkan Edy dari rumah dinas menuju Rumah Makan Nelayan, Makassar, tempat OTT KPK. Dia dan Edy berangkat setelah salat Isya dan hanya berdua di dalam mobil.

"Saya tidak tahu (Edy Rahmat janjian dengan siapa). Cuma mengantar ke Rumah Makan Nelayan," kata Irfandi saat menjadi saksi sidang terdakwa Anggu di Pengadilan Tidak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Kamis (17/6/2021).

Sesampai di Rumah Makan Nelayan, Irfandi sempat diminta makan bersama oleh Edy. Setelah makan, dia diminta keluar dan menunggu di mobil.

Setelah menunggu beberapa lama, Edy Rahmat tampak keluar dari Rumah Makan Nelayan dan naik ke mobil lain. Sementara itu, Irfandi ditelepon untuk membuntuti mobil yang ditumpangi oleh Edy.

"Saya ditelepon sama Pak Edy, ikuti mobil sedan BMW hitam. Pak Edy naik mobil sedan itu saya mengikuti dari belakang," kata Irfandi.

Irfandi mengaku tidak mengetahui ke mana arah mobil sedan hitam yang membawa Edy saat itu. Saat memasuki wilayah Jalan Lamadukelleng, Makassar, tepatnya di dekat Taman Macan seketika mobil yang ditumpangi Edy langsung berhenti. Irfandi yang membuntuti dari belakang ikut berhenti.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2