Antusiasme Pengguna KRL di Bogor Divaksin: Kita Rentan Terpapar Corona

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 11:41 WIB
Vaksinasi Corona untuk pengguna KRL di Stasiun Bogor (Wilda/detikcom)
Vaksinasi Corona untuk pengguna KRL di Stasiun Bogor (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 bagi pengguna jasa kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Bogor, Jawa Barat, dimulai hari ini. Pengguna KRL pun sangat antusias dengan penyelenggaraan vaksin itu karena rentan terpapar virus Corona (COVID-19) di area transportasi publik.

"Iya, bagus, biar warga sehat semua karena kita pengguna KRL rentan kena," kata Rizki Fadillah (26) kepada wartawan di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/6/2021).

Rizki adalah seorang pekerja wiraswasta yang sehari-hari menggunakan jasa transportasi publik seperti KRL. Dia pun tergerak untuk divaksinasi karena rutinitasnya sehari-hari yang cenderung bertemu dengan orang banyak.

"Saya pulang pergi Bogor-Jakarta, ya buat badan kita sehat saja, protokolnya supaya kita sehat saja," ungkapnya.

Ditemui selanjutnya, Hafza (20) mengatakan pengguna KRL ini sangat penting untuk mendapatkan divaksinasi COVID-19. Pasalnya, kata Hafza, pengguna KRL rata-rata mereka yang pulang-pergi kerja dari Jakarta-Bogor dan sangat rentan menularkan virus Corona.

"Ini penting banget, apalagi saya kerja tiap hari naik transportasi publik rentan terpapar, terus pulang ke rumah ketemu keluarga setidaknya ini suatu usaha untuk melindungi dari paparan virus Corona," ungkap Hafza.

Pengguna KRL selanjutnya, Andri (32), menyambut baik penyelenggaraan vaksinasi untuk pengguna KRL. Andri menyebut vaksin ini harus terus digencarkan mengingat pandemi virus Corona belum berakhir.

"Iya harus divaksin karena kan pandemi ini belum berakhir ya kita harus wajib divaksin, bagus sih," tuturnya.

Andri tak memungkiri sangat khawatir terpapar virus Corona karena setiap hari menggunakan transportasi publik. Dia pun berharap vaksin COVID-19 ini dapat terlaksana ke seluruh elemen masyarakat.

"Khawatir sih ada, karena kan kita tiap hari ketemu orang-orang ya, karena kerja. Ya dengan vaksin, insyaallah kita terjaga. Saya kerja ke Jakarta, setiap hari. Untuk masyarakat, saya rasa kita wajib ya divaksin," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pengguna KRL di Stasiun Bogor, Jawa Barat. Jokowi mengatakan vaksinasi massal ini dilakukan lantaran Bogor sebagai kota penyangga memiliki mobilitas yang tinggi.

"Pagi hari ini saya melihat pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Kota Bogor. Kita tahu Bogor adalah wilayah aglomerasi penyangga Ibu Kota Jakarta sehingga interaksi mobilitas semuanya tinggi," kata Jokowi di Stasiun Bogor, Jawa Barat.

"Oleh sebab itu, kita ingin memberikan prioritas baik bagi penumpang KRL, kemudian penumpang kereta api, juga para pekerja yang ada di stasiun, untuk melindungi mereka dari COVID-19," lanjutnya.

Jokowi ingin agar vaksinasi COVID-19 di tempat-tempat yang memiliki mobilitas tinggi dipercepat, misalnya di stasiun, terminal, bandara, hingga pelabuhan.

"Kita ingin ada percepatan-percepatan di tempat-tempat yang interaksinya tinggi, yang mobilitasnya tinggi, baik itu stasiun, kereta, terminal bus, airport, dan pelabuhan," ujar Jokowi.

Simak video 'Jokowi Minta Vaksinasi Corona di Stasiun-Pelabuhan Dipercepat':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/imk)