Jokowi Targetkan Kabupaten Bogor Capai Herd Immunity di Agustus

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 09:47 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bogor, salah satunya di Stadion Pakansari. Jokowi pun menargetkan bulan Agustus nanti Kabupaten Bogor sudah mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

"Target kita paling tidak di Kabupaten Bogor ini, di bulan Agustus itu sudah tercapai kekebalan komunal," kata Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/6/2021).

Karena itu, Jokowi meminta agar vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bogor dipercepat. Dia berharap, dengan percepatan vaksinasi ini, laju penyebaran COVID-19 dapat ditekan.

"Kita harapkan kita tetap bekerja keras, mempercepat program vaksinasi ini secepat-cepatnya," ujarnya.

Jokowi memaparkan, pada hari ini ada 10 ribu warga yang divaksinasi di Kabupaten Bogor. Selain Stadion Pakansari, vaksinasi COVID-19 digelar di puskesmas dan rumah sakit.

"Vaksinasi di Kabupaten Bogor sebanyak 10 ribu hari ini, baik yang berada di Stadion Pakansari, beberapa RS, dan puskesmas yang berada di Kab Bogor, seluruhnya 10 ribu," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi turut meminta laporan secara virtual dari beberapa rumah sakit dan puskesmas yang menggelar vaksinasi COVID-19.

Setidaknya, setiap puskesmas memvaksinasi kurang-lebih 300 orang dengan sasaran warga lanjut usia (lansia), pelayan publik, hingga kelompok rentan.

"Terus dilanjutkan, karena kita membutuhkan kecepatan-percepatan dalam rangka mencapai kekebalan komunal, herd immunity, yang kita harapkan penyebaran COVID bisa kita hambat dan kita hilangkan dari negara kita," ungkapnya.

Simak video 'Didampingi Kang Emil, Jokowi Tinjau Vaksinasi di Stasiun Bogor-Pakansari':

[Gambas:Video 20detik]






(mae/imk)