Top 5 News

Waspada Tsunami di Maluku Tengah & Prancis Sikat Jerman di Piala Eropa

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 20:39 WIB
top 5 news
Foto: detikcom
Jakarta -

Beredar video yang menunjukkan air pasang di kawasan pesisir Tehoru, Maluku Tengah, usai gempa M 6,1 yang mengguncang wilayah itu. Pihak Stasiun Geofisika yang berada di Ambon, Maluku, menyatakan telah terjadi tsunami.

Sementara itu, dalam dunia olahraga, Prancis memenangkan laga sengit kontra Jerman di Grup F Euro 2020. Itu menjadi kekalahan perdana Die Mannschaft di laga perdana Piala Eropa.

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita lainnya yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut Top 5 News edisi Rabu (16/6/2021).

1. Waspada Tsunami Non Tektonik Usai Gempa Maluku

Beredar video yang menunjukkan air pasang di kawasan pesisir Tehoru, Maluku Tengah, usai gempa M 6,1 yang mengguncang wilayah itu. Pihak Stasiun Geofisika yang berada di Ambon, Maluku, menyatakan telah terjadi tsunami.

"Dengan data yang kami dapatkan dari pasang surut terjadi kenaikan setinggi 0,5 meter. Dari video yang kami dapatkan dari warga masyarakat terkonfirmasi bahwa itu dalam tsunami demikian," demikian keterangan Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Herlambang Hudha, kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).

Artikel Selengkapnya: Gempa Maluku Bisa Seperti Palu?

2. Prancis Kalahkan Jerman Lewat Gol Bunuh Diri

Prancis membuka perjalanan di Euro 2020 dengan kemenangan atas lawan berat, Jerman. Meski tiga poin didapat dari gol bunuh diri, Les Bleus dinilai tampil bagus.

Laga Prancis Vs Jerman dalam lanjutan Grup F Piala Eropa 2020 digelar di Allianz Arena, Rabu (16/6/2021) dini hari WIB. Tuan rumah Jerman mencoba mengambil inisiatif sejak sepak mula, namun kalah efisien dari lawannya yang merupakan juara Piala Dunia 2018.

Artikel Selengkapnya: Prancis Vs Jerman: Kerja Bagus, Les Bleus

3. Neta S Pane Tutup Usia Karena COVID-19

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane meninggal dunia di RS Mitra Keluarga, Bekasi Barat. Neta sebelumnya sempat dirawat karena positif COVID-19.

"Mohon doanya untuk sahabat sekaligus saudara kita Neta Saputra Pane yang telah menghadap Sang Khalik," demikian informasi yang diterima detikcom yang diamini oleh salah seorang sahabat Neta bernama Yon Moeis.

"Semoga almarhum Neta Saputra Pane diterima amal ibadahnya, diampuni segala kesalahannya, dan dilapangkan kuburnya," imbuhnya.

Artikel Selengkapnya: Neta S Pane Wafat

4. Terawan Sebut Vaksin Nusantara Bisa Hadapi Mutasi Corona

Dokter Terawan Agus Putranto mengungkap cara vaksin Nusantara menghadapi mutasi virus Corona. Terawan mengatakan hanya butuh delapan hari untuk menangkal mutasi COVID-19 itu

"Mengenai bagaimana tadi vaksin Nusantara ini menghadapi mutasi virus, gampang sekali, hanya butuh delapan hari. Antigennya saya ganti," kata Terawan saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Artikel Selengkapnya: Ampuhkan Vaksin Nusantara?

5. Anji Minta Maaf Usai Pakai Narkoba

Anji meminta maaf kepada keluarga dan semua orang yang kecewa terhadap dirinya karena telah menggunakan narkoba. Anji pun akan menjalani hukumannya dan berharap bisa kembali berkarya.

Sebelumnya, Anji diamankan polisi di studio musik di kawasan Cibubur, Jumat, 11 Juni 2021 pukul 19.30 WIB. Dalam pemeriksaannya, Anji mengaku sudah menggunakan ganja sejak September 2020. Anji juga menjelaskan masih menyimpan narkoba di salah satu tempat di Bandung

Artikel Selengkapnya: Penyesalan Anji Pakai Narkoba

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)