Alasan Pemobil Berpelat Bodong Bawa KTA Palsu: Biar Aman!

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 20:28 WIB
Pemobil pelat palsu ngaku polisi menelepon komandan saat diamankan
Pemobil pelat palsu mengaku polisi menelepon 'komandan' saat diamankan. (tangkapan layar video viral/istimewa)
Jakarta -

Seorang pengendara mobil Daihatsu Xenia, AHH, ditangkap polisi karena menggunakan pelat nomor palsu. AHH membeli KTA dan mengaku sebagai anggota Polri agar dapat merasa aman saat sedang berkendara.

"Yang digunakan untuk kalau mengendarai kendaraan cukup menggunakan KTA saja aman katanya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di kantornya, Rabu (16/6/2020)

Yuri memastikan AHH bukan anggota Polri, melainkan pegawai swasta. KTA itu dibeli AHH dari seseorang seharga Rp 2 juta.

"Hasil pendalaman awal memang yang bersangkutan AHH ini pekerja swasta bukan sebagai anggota Polri. KTA pun pengakuannya atas nama dia ini dibeli dari seseorang dengan harga Rp 2 juta," ujarnya.

Yusri mengatakan Ditlantas Polda Metro Jaya masih mengecek keaslian pelat nomor yang digunakan AHH dengan nomor rangka mesin pada kendaraan tersebut. Sedangkan AHH masih diperiksa secara intensif oleh Resmob terkait KTA Polri.

"Kendaraannya masih didalami apakah benar atau tidak, karena yang dia gunakan ini adalah nopol. Jadi kendaraannya masih didalami teman-teman ditlantas Polda Metro Jaya . AHH sekarang ini ditangani Resmob masih dalam pemeriksaan nanti bagaimana kelanjutannya," imbuhnya.

Sebelumnya, sebuah mobil Daihatsu Xenia bernopol B-2355-TKI disetop polisi di Tol Kuningan arah Semanggi. Pengemudi tidak terima disetop hingga akhirnya ia mengaku-aku sebagai polisi.

Peristiwa tersebut terjadi di Tol Kuningan mengarah Semanggi pada Selasa (15/6) siang kemarin. Petugas Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya awalnya menyetop kendaraan tersebut lantaran curiga dengan pelat nomornya.

"Karena dicurigai menggunakan pelat nopol palsu, kemudian diberhentikan oleh anggota," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).

Namun pria berinisial AHH ini justru melawan. AHH kemudian mengaku sebagai polisi. Polisi juga menemukan kartu tanda anggota (KTA) Polri diduga palsu dari AHH.

"Pada saat ingin diberhentikan, si pengemudi mengeluarkan identitas Polri dan mengaku sebagai anggota Polri yang berdinas di Mabes Polri bagian Paminal," jelas Sambodo.

Lihat juga video 'Penampakan Pelat Khusus Mobil Anggota DPR RI':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/isa)