DKI Buka Pendaftaran Vaksin Corona Online, Bisa Pilih Lokasi dan Jadwal

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 17:37 WIB
Ini Cara Daftar Online Vaksin COVID-19 di Jakarta
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Pemerintah terus menggalakkan program vaksin untuk mewujudkan herd immunity. Di Jakarta, target vaksinasi juga diupayakan mencapai 100 ribu orang per hari.

Pemprov DKI memfasilitasi untuk vaksinasi warga. Apalagi, sekarang usia 18 tahun ke atas sudah bisa ikut divaksinasi.

Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Smart City menyampaikan bahwa vaksinasi di Ibu Kota bisa mendaftar secara online.

Caranya bisa dengan aplikasi JAKI atau di corona.jakarta.go.id/id/vaksinasi. Lewat situs itu, warga Jakarta tinggal memasukkan NIK dan nama lengkap. Setelah itu, mengisi data pribadi.

Warga yang mendaftar vaksinasi Corona online via JAKI bisa memilih lokasi dan jadwal vaksinasi. Namun itu tergantung kuota vaksin di tempat yang dipilih.

Lokasi vaksinasi yang bisa dipilih juga hanya lokasi yang stok vaksinnya masih tersedia.

Target 7,5 Vaksin di Agustus

Ada instruksi khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penanganan dan pengendalian COVID-19. Jokowi ingin Anies menciptakan herd immunity di DKI pada Agustus nanti.

Jokowi memberikan target hingga akhir Agustus sebanyak 7,5 juta penduduk di DKI Jakarta telah divaksinasi. Menurutnya, target ini perlu agar dapat mencapai kekebalan komunal herd immunity.

"Saya juga tadi telah menyampaikan kepada Gubernur DKI untuk nanti di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi. Ini memang target yang sangat ambisius. Tetapi mau tidak mau kita harus menuju ke sana untuk mencapai kekebalan komunal herd immunity," kata Jokowi.

Jokowi berharap seluruh pihak di DKI Jakarta dapat melakukan kerja sama dalam pemberian vaksinasi ini. DKI juga disebut memiliki interaksi dan mobilitas masyarakat yang tinggi sehingga kecepatan vaksinasi sangat dibutuhkan.

"Saya berharap kerja keras semuanya baik di tingkat wali kota, kecamatan, kelurahan, dan seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ada di DKI Jakarta. Karena DKI ini juga sama, interaksi antarmasyarakatnya tinggi, mobilitas masyarakatnya juga tinggi, sehingga kecepatan vaksinasi sangat menentukan sekali penyebaran COVID-19," kata Jokowi.

Lihat juga Video: Kendala Pelaksanaan Program Vaksin Gotong Royong di Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)