Kepsek-Guru Kena COVID, Uji Coba PTM di SD Jakpus Sempat Disetop

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 15:06 WIB
Siswa Siswi sekolah dasar kelas 5 menjalani ujian Penilaian Akhir Tahun secara tatap muka dengan mengunakan gawai di Sekolah Dasar Negeri 07 Pagi Malaka Jaya, Jakarta Timur, Rabu (9/6/2021).
Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di SD Kenari 08 di Senen, Jakarta Pusat sempat disetop. Hal ini lantaran guru hingga kepala sekolah positif COVID-19.

Kasubag Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja mengatakan penutupan dilakukan selama 3 hari, yakni pada 9-11 Juni 2021. Kini, SD tersebut telah dibuka kembali.

"Betul info bahwa sekolah tersebut sudah dibuka lagi. Memang berdasarkan Kepgub kalau ada yang kena satu atau dua orang kena itu maka ditutup selama 3 hari," kata Taga saat dihubungi, Rabu (16/6/2021).

Taga mengatakan guru ataupun kepala sekolah tidak terpapar COVID-19 di lingkungan sekolah. Dia juga memastikan keduanya tidak berinteraksi dengan murid yang sedang melaksanakan PTM. Setelah dinyatakan positif COVID-19 keduanya menjalani isolasi mandiri.

"Jadi kepala sekolah (kepsek) 1, guru 1. Jadi terpaparnya itu waktu gurunya pulang kampung, waktu Kamis libur. Kalau kepsek kenanya waktu di rumahnya sehingga tidak ada interaksi di sekolah. Kepseknya isoman, gurunya juga," jelasnya.

Untuk diketahui, SD Kenari 8 masuk ke dalam daftar 83 sekolah yang menggelar pilot project PTM pada 7 April lalu. Kemudian, Disdik DKI kembali mengizinkan sekolah ini melakukan uji coba PTM pada 9 Juni 2021.

4 dari 226 Sekolah Tunda Uji Coba PTM

Disdik juga menerima data ada empat sekolah di Jakarta yang menunda uji coba PTM. Berikut ini daftarnya:

1. SMAN M H Thamrin: zona oranye
2. SDN Kenari 08: Temuan Kasus COVID
3. Jakarta Islamic School: sedang penilaian akhir tahun full daring
4. Madrasah Ibtidaiyah (MI) RPI, Jakarta Selatan: tak dapat izin orang tua.

Dengan demikian, berarti hanya terdapat 222 sekolah di DKI Jakarta yang melaksanakan uji coba PTM. Sebelumnya disebutkan 226 sekolah akan melaksanakan uji coba PTM.

(idn/idn)