1.271 Pegawai KPK Lolos TWK Jalani Kegiatan Orientasi ASN

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 17:57 WIB
Plt Jubir KPK, Ali Fikri
Plt Jubir KPK, Ali Fikri (dok. Istimewa)
Jakarta -

Sebanyak 1.271 pegawai KPK yang sudah melakukan sumpah atau janji sebagai aparatur sipil negara (ASN) akan mengikuti pelaksanaan orientasi dan pembekalan. Mereka adalah pegawai yang sudah lolos tes wawasan kebangsaan (TWK).

"Sebagai tindak lanjut pengucapan sumpah atau janji sebagai ASN, maka akan dilaksanakan orientasi dan pembekalan pegawai KPK sebagai ASN," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Selasa (15/6/2021).

Ali mengatakan pelaksanaan orientasi ini akan dimulai besok, Rabu (16/6). Program akan dilaksanakan dengan menggandeng LAN (Lembaga Administrasi Negara) RI.

"Program ini akan dimulai pada 16 Juni 2021 dengan kerja sama antara KPK dengan LAN RI," kata Ali.

Selanjutnya, Ali menjelaskan bahwa pelaksanaan orientasi ini bertujuan agar para pegawai dapat memahami kebijakan pengelolaan hingga pengelolaan SDM aparatur. Hal itu diperlukan karena pelaksanaan tugas pegawai sesuai dengan jabatan ASN di lingkungan KPK.

"Orientasi ASN bertujuan agar Pegawai KPK memiliki pemahaman tentang kebijakan sistem pembangunan nasional, kebijakan pengelolaan organisasi pemerintah, serta kebijakan pengelolaan SDM aparatur," ujarnya.

"Tiga kompetensi tersebut diperlukan untuk mendukung pelaksanaan tugas jabatan sesuai dengan jenjang jabatan ASN di lingkungan KPK," sambungnya.

Sebelum pelaksanaan orientasi, para pegawai telah diberi pembekalan pada Jumat (11/6). Pembekalan itu disampaikan oleh Dian Novianthi Direktur ACLC KPK dan Erna Irawati Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN, Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

"Dalam rangka persiapan program orientasi ASN tersebut, sebelumnya (11/6/2021) KPK telah memberikan pembekalan kepada para pegawainya," katanya.

Diketahui, KPK memutuskan tetap melantik 1.271 pegawai yang lolos TWK menjadi ASN hari ini. Dalam pelantikan nanti, 1.271 pegawai tersebut akan dilakukan pengambilan sumpah jabatan sebagai ASN.

"Dalam rangka proses pengalihan pegawai KPK menjadi ASN, KPK akan melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pegawai KPK menjadi ASN," kata Ali Fikri kepada wartawan, Senin (31/5).

Pelantikan 1.271 pegawai menjadi ASN akan digelar di Aula Gedung Juang KPK. Pelantikan juga akan disiarkan secara online.

Namun, pelantikan tersebut hanya dihadiri 53 pegawai sebagai perwakilan guna menerapkan protokol kesehatan (prokes). Pegawai lainnya akan hadir secara daring dan wajib mengisi daftar hadir.

"Untuk memastikan penerapan protokol kesehatan, hadir secara langsung 53 perwakilan pegawai dan pejabat struktural," ujarnya.

"Selebihnya pegawai mengikuti pelantikan melalui aplikasi daring dan wajib melakukan absensi serta menunjukkan bukti kehadiran," sambungnya.

Lihat Video: Klarifikasi TWK, Pimpinan KPK Akan Datangi Komnas HAM Kamis

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)