Gubernur Akan Bahas Pengganti Wagub Papua Usai 40 Hari Kematian Klemen Tinal

Wilpret Siagian - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 11:56 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe  (ANTARA/Hendrina Dian Kandipi)
Foto: Gubernur Papua Lukas Enembe (ANTARA/Hendrina Dian Kandipi)
Jayapura -

Gubernur Papua Lukas Enembe akan membahas kursi wakil gubernur Papua yang saat ini kosong usai 40 hari meninggalnya almarhum Wagub Papua Klemen Tinal. Lukas juga ingin soal sosok pengganti almarhum Klemen dibicarakan saat dirinya pulang dari berobat di Singapura.

"Soal pergantian wagub kita bicarakan setelah saya pulang dan setelah lewat 40 hari suasana duka dari tanggal berpulangnya almarhum Klemen Tinal," ujar Gubernur Papua Lukas Enembe melalui jurubicaranya, M. Rifai Darus di Jayapura, Selasa (14/6/2021).

Rifai menyebut Lukas saat ini dalam kondisi baik pascapengobatan di Singapura.

Terkait sosok yang akan mengisi kursi wagub Papua, Lukas akan membahasnya dengan para partai pendukung yang mengusung pasangan Lukas-Klemen pada Pilgub Papua.

"Setelah Gubernur kembali dari masa pengobatan dari Singapura akan bertemu dengan koalisi partai politik pendukung Lukas Enembe-Klemen Tinal," ujar Rifai.

Penggantian wagub Papua pascaditinggal almarhum Klemen dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lukas meminta semua pihak yang terlibat dalam penggantian Wagub Papua nanti untuk mengikuti aturan yang berlaku.

Terkait Lukas yang saat ini masih berada di Papua, Rifai menyebut Lukas masih memerlukan waktu sekitar 2 pekan untuk pemeriksaan tim medis.

"Beliau tengah melakukan check-up berkala dalam kurun waktu 2 pekan," ujar Rifai.

(nvl/nvl)