Terlalu! Pejabat Dinas LH Cilegon Gadaikan Mobil Dinas Rp 36 Juta

M Iqbal - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 11:44 WIB
Kajari Cilegon, Elly Kusumastuti, Ungkap Kasus Pejabat Dinas LH Cilegon Gadaikan Mobil
Kajari Cilegon, Elly Kusumastuti, Ungkap Kasus Pejabat Dinas LH Cilegon Gadaikan Mobil Dinas (Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Seorang pejabat di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon berinisial BW menggadaikan mobil dinas seharga Rp 36 juta. Pejabat itu kini tak diketahui keberadaannya.

Mobil itu digadaikan ke warga Bojinegara, Kabupaten Serang, Sanuri. BW awalnya meminjam duit ke Sanuri dengan jaminan mobil dinas berpelat merah. Mobil itu diketahui digadaikan setelah Pemkot Cilegon bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri Cilegon untuk menertibkan aset negara.

"Ada yang digadaikan, yang satu lagi ada yang dikuasai," kata Kajari Cilegon, Elly Kusumastuti, kepada wartawan, Selasa (15/6/2021).

BW menguasai dua mobil dinas sekaligus, yakni Daihatsu Terios dan Kijang Kapsul. Mobil Terois digadaikan dan Kijang Kapsul dikuasai pejabat tersebut. Penerima gadai akhirnya mengembalikan mobil dinas tersebut karena merasa bukan haknya.

"Tapi penerima gadai ini berjiwa besar langsung dikembalikan karena dia tahu itu bukan hak nya," ujarnya.

Sementara Sanuri, yang menerima gadaian mobil tersebut, mengatakan, mobil dinas itu berada di rumahnya sekitar 1 tahun lalu. Selama itu, Sanuri mengaku mobil gadaian itu jarang dipakai.

"Ya kurang lebih satu tahun tapi jarang saya bawa. Karena saya kan punya mobil sebenarnya," ujarnya.

Mobil itu bisa sampai ke tangan Sanuri lantaran pejabat di Dinas LH tersebut meminjam uang sebesar Rp 36 juta. BW kemudian menjadikan mobil dinasnya sebagai jaminan.

"(Pinjam) Rp 36 juta. (modusnya) iya pinjem, BPKB-nya nggak ada," kata dia.

Simak juga 'WNA Pengendali Sabu 1,1 Ton Baru Huni Lapas Cilegon 1 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)