Zona Merah, Warga di Kudus-Bangkalan Hanya Boleh Ibadah di Rumah

Tim detikcom - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 15:53 WIB
Suasana Kudus pada hari pertama Di Rumah Saja, Senin (14/6/2021).
Suasana Kudus yang menjadi zona merah Corona (Dian Utoro Aji/detikcom)
Jakarta -

Warga di zona merah Corona kini wajib ibadah di rumah saja dan tempat ibadah sementara ditutup. Daerah zona merah antara lain Kudus dan Bangkalan.

"Khusus di tempat ibadah untuk di daerah merah atau kecamatan yang merah itu juga beribadah dari rumah. Ibadah di tempat umum atau ibadah di tempat publik atau ibadah di tempat-tempat ibadah, khusus di daerah merah itu ditutup dulu untuk 2 minggu," kata Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCPEN) Airlangga Hartarto.

Hal itu disampaikan Airlangga dalam jumpa pers virtual yang disiarkan YouTube Sekretariat Kepresidenan, Senin (14/6/2021). Keputusan ini diambil seusai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo.

Mana Saja Daerah Zona Merah?

Airlangga belum merinci daerah mana yang ditetapkan sebagai zona merah. Namun dua di antaranya adalah Kudus dan Bangkalan, yang diketahui memang mengalami lonjakan kasus Corona.

"Terkait daerah-daerah merah antara lain Kudus, kemudian juga Bangkalan," tambahnya.

Daerah lain yang masuk dalam zona merah Corona nantinya akan dicantumkan dalam instruksi yang diterbitkan Mendagri Tito Karnavian.

Aturan Lain untuk Zona Merah Corona

Pemerintah juga memberi aturan lain yang lebih ketat untuk daerah zona merah Corona. Aturan itu tentang jam buka restoran dan lokasi lain.

"Restoran dan mal sesuai apa yang diatur yaitu sampai jam 21.00 dan kapasitas 50 persen. Akan ada penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat," kata Airlangga.

Simak video 'Keterisian RS COVID-19 di Kudus: Ruang Isolasi 95%, ICU 85%':

[Gambas:Video 20detik]



(imk/imk)