Soal Instruksi Jokowi, Anies Upayakan 7,5 Juta Warga Tervaksinasi Agustus

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 14:17 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Wilda-detikcom)
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Wilda-detikcom)
Jakarta -

Presiden Jokowi memberikan target Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk melakukan vaksinasi ke 7,5 juta penduduk di DKI Jakarta pada akhir Agustus. Anies pun berupaya merealisasikan terget itu.

Anies mengatakan saat ini sudah 2,89 juta warga DKI Jakarta yang mendapat dosis vaksin. Anies menargetkan 3 juta warga DKI Jakarta sudah menerima vaksin di bulan Juni.

"Target di bulan Juni ini 3 juta. Sekarang tinggal 100 ribu lagi akan tercapai targetnya. Kita perlu menambah 4,5 juta lagi. Dengan penambahan ini tercapai angka 7,5 juta sehingga kita bisa berada dalam situasi insyaallah herd immunity," kata Anies kepada wartawan di Kantor Pusat PMI, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (14/6/2021).

Anies juga mengatakan target vaksinasi terhadap lansia sudah mencapai 72 persen. Menurut dia, dengan vaksin lansia tersebut membuat tingkat kematian bisa diredam di DKI Jakarta.

"Kita meskipun ada gelombang tinggi, tapi tingkat kematian tidak tinggi karena banyak orang tua yang terpapar sudah pernah mendapatkan vaksin. Sehingga tidak mengalami gejala berat," jelas Anies.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi meninjau program vaksinasi massal COVID-19 di Waduk Pluit, Jakarta. Jokowi berharap penyebaran COVID di Jakarta bisa segera dihambat.

"Kita ingin mengejar herd immunity, kekebalan komunal dan kita harapkan jumlah yang tadi sudah kita targetkan, di bulan Agustus nanti sudah bisa mencapai kekebalan komunal yang kita harapkan penyebaran COVID di Jakarta bisa kita hambat dan kita kurangi," kata Jokowi, di Waduk Pluit, Jakarta, Senin (14/6/2021).

Jokowi mengatakan vaksinasi massal kali ini akan diikuti oleh 5 ribu orang. Ke depannya, Jokowi berharap vaksinasi di DKI bisa dilakukan untuk 100 ribu orang dalam satu hari.

"Kita harapkan DKI Jakarta mulai minggu depan satu hari target yang kita berikan 100 ribu bisa dicapai. 100 ribu per hari," katanya.

Jokowi mengatakan berdasarkan kalkulasi stok vaksin yang sudah didistribusikan, DKI Jakarta mampu merealisasikan target vaksin. Jokowi berharap program ini lancar.

(idn/idn)