Bareng Ridwan Kamil, Jokowi Cek Vaksinasi Corona di Stadion Patriot Bekasi

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 09:40 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau vaksinasi Corona atau COVID-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi. Jokowi terlihat ditemani sejumlah pejabat saat meninjau vaksinasi.

Peninjauan vaksinasi itu disiarkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/6/2021). Jokowi tampak ditemani Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Jokowi mengatakan penggunaan lapangan sepak bola atau stadion dalam pelaksanaan vaksinasi dapat menampung jumlah warga yang banyak. Jokowi berharap hal serupa juga dilakukan oleh kota dan kabupaten lain.

"Kita melihat proses yang ada di sini menggunakan lapangan sepak bola bisa mencakup dalam jumlah yang banyak, baik untuk disabilitas, untuk pelayan-pelayan publik. Kita berharap dengan model seperti yang ada di Bekasi ini bisa diterapkan di kota dan kabupaten lain, sehingga vaksinasi berlangsung dalam jumlah yang banyak," kata Jokowi.

Pemberian vaksin di Kota Bekasi bisa mencapai 10 ribu orang per hari. Jokowi berharap kekebalan komunal segera tercapai untuk mengatasi pandemi Corona.

"Disini tadi pak walikota menyampaikan sehari bisa 10 ribu dan kita harapkan bisa segera mencapai kekebalan komunal, herd immunity, dan kita berharap penyebaran COVID bisa kita hambat penyebarannya," kata Jokowi.

Jokowi Tinjau Vaksinasi di Stadion Patriot BekasiFoto: Jokowi Tinjau Vaksinasi di Stadion Patriot Bekasi (Tangkapan Layar Youtube Setwapres)

Jokowi juga tampak mendengarkan laporan dari beberapa Puskesmas dan rumah sakit di Bekasi yang juga melakukan vaksinasi. Hal ini dilakukan secara teleconference.

Salah satu yang melaporkan, yaitu puskesmas Mustika Jaya. Pada kesempatan itu, pihak Puskesmas melaporkan soal progres vaksinasi yang mereka lakukan.

"Pagi bapak saya dr Nurdin dari Puskesmas Mustika Jaya ingin melaporkan kami hari ini sedang ada kegiatan vaksin berjumlah 250 orang yang 150 adalah untuk lansia yang keduanya adalah tahapan kedua sebanyak 100 orang. Sampai hari ini kami target sudah mencapai 4.750 orang yang berjumlah dari 30 persen total jumlah jiwa kita pak. sementara itu yang bisa saya sampaikan," ujar perwakilan Puskesmas Mustika Jaya.

"Ini setiap hari dan tidak berhenti Pak?" tanya Jokowi.

"Betul Pak. Kami melakukan vaksinasi setiap hari kurang lebih 100-200 orang per hari Pak," jawabnya.

"Oke terima kasih," kata Jokowi.

"Baiklah terima kasih semuanya dan kita harapkan semuanya berlanjut tidak hanya hari ini tetapi terus sehingga sesuai dengan target yang telah diberikan, nanti mencapai herd immunity dan kita harapkan penyebaran COVID bisa kita hambat, atau tidak ke mana-mana," tutup Jokowi.

(dwia/haf)